Ke Jakabaring, Menteri Nila Langsung Cek Ruang Makan

Ke Jakabaring, Menteri Nila Langsung Cek Ruang Makan
(Foto Istimewa)
Ke Jakabaring, Menteri Nila Langsung Cek Ruang Makan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Makanan menjadi salah satu hal terpenting bagi atlet yang bertanding di kompetesi Asian Games 2018, karena itu ketika berkunjung ke Jakabaring, Menteri Kesehatan Nila F.Moeloek langsung mengecek ruang makanan, bukan hanya proses memasak beragam panganan tetapi juga ketersediaan sanitasi pendukung.

"Pemastikan makanan dan minuman yang sesuai standar untuk atlet menjadi hal utama bagi tim kesehatan dibantu dengan lembaga terkait lainnya," kata Menteri Nila, di Jakabaring, Sabtu.

Dia menyambangi ruang makan wisma atlet diawali dengan mengecek langsung fasilitas mencuci tangan yang mesti dilengkapi sambun pembersih kuman.

Selanjutnya, rombongan juga memastikan proses pengolahan makanan dilakukan sesuai standar dengan gizi yang juga disesuaikan kebutuhan atlet.

Nila menambahkan, selain memenuhi kebutuhan gizi para atlet, keamanan pangan juga sangat penting.

Karena itu, tim dipastikan memeriksa secara intensif sebelum disajikan, tambahnya.

Sementara Manager Food Safety Cluster IV Area Palembang, dr Monica Kurniawan, menerangkan bahwa "dinning hall" buka selama 20 jam setiap hari.

''Sarapan pukul 05.00 s.d 10.00 WIB, setelah itu persiapan untuk makan siang, dilanjuran persiapan makan malami pukul 17.00 WIB. Tapi terkadang ada juga kondisi tertentu yang membutuhkan kita harus buka hingga lebih malam'', katanya.

Terkait keamanan pangan atau "food safety team", dia mengatakan langsung dibawah koordinasi INASGOC sebanyak 40 orang.

Pemeriksaan keamanan pangan kerja sama lintas sektor mulai dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan Palembang, Balai Teknik Kesehatan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pencegahan Penyakit (BTKL-PP), RSUP Dr. Mohammad Hoesin, serta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), katanya.

Sedangkan makanan yang disajikan, meliputi tujuh "food station" yang ada di area makan Wisma Atlet Jakabaring Sport Center Palembang, yakni menu Indonesian, South Asia, East Asia, South East Asia, West Asia, Central Asia, dan Middle East.

Variasi menu tersebut disediakan bagi para atlet agar tidak bosan dengan makanan yang disediakan. Selain itu disediakan pula salad, macam-maca buah-buahan, juga kudapan kue-kue khas tradisional Indonesia, demikian.(sumber kemenkes)