Kabar gembira, Akhir Bulan Ini Pemkot Buka Lowongan CPNS

Kabar gembira, Akhir Bulan Ini  Pemkot Buka Lowongan CPNS
ilustrasi (net)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com.- Kabar gembira. Setelah lama tak ada kabar mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), berdasarkan informasi resmi dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-SDM) kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi, Senin (6/8/18).

Menurut Ratu Dewa, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai membuka lowongan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018 ini. "Dari informasi yang disampaikan, jadwal resmi seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan akhir bulan Agustus ini," ungkapnya.

Dewa menerangkan, hingga saat ini belum ada perubahan terkait formasi CPNS yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Sehingga, tahapan seleksi bisa dimulai, karena kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah cukup mendesak.

"Dari pengajuan 3000- an, hanya 803 yang disetujui KemenPAN-RB. Karena tidak ada perubahan lagi, maka proses seleksi kita mulai," ujarnya. Nantinya, proses seleksi akan dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT), BK-PSDM Kota Palembang hanya bertugas menyeleksi berkas pendaftaran.

"Waktu tes dan penilaian dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan kami hanya diberikan mandat seleksi pemberkasan pelamar," katanya seraya menambahkan nantinya, proses seleksi akan diawasi dengan ketat oleh pihak BKN.

Pemerintah daerah tidak dapat berbuat apa-apa, dalam proses seleksi. "Kami tidak bisa masuk, bahkan pengawasan dilakukan langsung oleh BKN dan pemeriksaan akan dilakukan juga oleh mereka, dan larangan penggunaan Hp termasuk Handset di dalam ruangan juga dilarang," ulasnya. Untuk seleksi tahun ini, formasi penerimaan CPNS disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah yang pensiun maupun yang meninggal dunia termasuk alih tugas.

Adapun yang diterima pada formasi tahun ini, pertama guru, kedua tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. "Seleksi ini dibuka untuk umum, dan dibuka sesuai kebutuhan.

Setelah ini, kekurangan akan diajukan lagi untuk tahun depan," tandasnya. (Saft)