Jelang SEA Games 2019, Sesmenpora Indikasi Indonesia Hanya Pertandingkan Sebagian Cabor

Jelang SEA Games 2019, Sesmenpora Indikasi Indonesia Hanya Pertandingkan Sebagian Cabor
Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto memberi indikasi bahwa Indonesia hanya akan mengikuti sebagian dari 56 cabang olahraga atau cabor yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019 Filipina mendatang.

Seperti diketahui, 56 cabor --lima di antaranya masih dalam pertimbangan-- yang dipertandingkan, akan membuat SEA Games 2019 Filipina sebagai multievent terbesar Asia Tenggara seperti dilansir suara.com.
Jika harus mengikuti semua cabor, Indonesia disebut akan mengeluarkan jumlah anggaran yang sangat banyak. Karenanya, Indonesia disebut hanya akan menurunkan atlet di cabor prioritas.

Menurut Gatot, hal itu dilakukan demi membagi prioritas anggaran dalam kalender olahraga 2019. Seperti diketahui, selain SEA Games, tahun depan juga ada kualifikasi Olimpade 2020 Tokyo.

"Sepertinya nggak (akan ikut) semua cabor bisa kita ikuti. Karena terus terang anggaran juga terbatas," kata Gatot S. Dewa Broto.

Keputusan itu, kata Gatot, bukanlah cerminan bahwa pemerintah menganggap SEA Games tak penting. Namun, prestasi di tingkat Asia (Asian Games) dan Olimpade disebutnya menjadi fokus utama Indonesia saat ini.

"Cabang olahraga prioritas saja (yang akan Indonesia ikuti). Karena kalau tidak, bisa menghabiskan anggaran," ujar Gatot.

"SEA Games tetap penting, tapi kami mendukung atlet ke Olimpade," tukasnya.

Sumber : suara.com