Investment Award 2018, DPM-PTSP Palembang Organisasi Perangkat Daerah Terbaik

Investment Award 2018, DPM-PTSP Palembang Organisasi Perangkat Daerah Terbaik
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang mendapat penghargaan sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik dalam ajang Investment Award 2018. (saft)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Dalam ajang Investment Award 2018, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palembang kembali mendapat penghargaan sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik.

Pada penilaian yang dilakukan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia (RI) tahun ini. Kota Palembang menempati peringkat keenam atau turun dari tahun sebelumnya,  Kota Palembang meraih peringkat pertama, atau DPM-PTSP terbaik pada ajang yang diselenggarakan tahun 2016 lalu.

Kepala DPM-PTSP Kota Palembang, Dr. Akhmad Mustain S.STP MSi menerangkan, meski tidak lagi meraih peringkat pertama, penghargaan yang diterima ini, menjadi salah satu motivasi untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan perizinan.

"Alhamdulillah, kita bisa mempertahankan penghargaan bergengsi ini dan masuk dalam 10 besar DPM-PTSP yang dinilai," kata Mustain yang dihubungi via telepon selulernya, Kamis (12/7/18).

Melalui pesan singkat, Mustain mengatakan jika merosotnya peringkat sebagai DPM-PTSP terbaik di Indonesia, karena ada beberapa faktor. Salah satunya adalah belum terwujudnya Mal Pelayanan Publik.

"Saat ini kita sedang membangun Mal Pelayanan Publik di kawasan Jakabaring tepatnya di Sriwijaya Promotion Center (SPC). Dan itu baru selesai setelah perhelatan Asian Games, karena akan dipakai dulu untuk Media Center," terangnya.

Meski begitu, Mustain optimis jika pada tahun 2019, Palembang akan memiliki Mal Pelayanan Publik terbaik di Indonesia dan DPM-PTSP Kota Palembang akan kembali menjadi lembaga pemerintahan di bidang investasi terbaik di Indonesia.

"Melalui Mal Pelayanan Publik ini kita akan integrasikan semua layanan  khsususnya pelayanan perizinan. Insya Allah tahun 2019 kita launching," jelasnya.

Mustain menuturkan, Investment Award merupakan penghargaan yang diberikan BKPM RI kepada DPM-PTSP tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota terbaik dalam memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan dalam hal pengembangan suatu daerah dengan menciptakan peluang investasi.

"Penganugerahan Investment Award 2018 ini dari hasil survei terhadap 565 PTSP di Indonesia, dan setelah melalui seleksi tahapan uji pemaparan terhadap 40 nominee penyelenggara PTSP. Kota Palembang masuk 10 besar yang terbaik," ucapnya.

Mantan kepala BPM-PTSP Kota Palembang yang kini menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengapresiasi hasil yang berhasil diraih DPM-PTSP Kota Palembang sekarang.

Menurutnya tidak gampang masuk 10 besar dari 565 PTSP di Indonesia. Karena, setiap tahun ada pengetatan terkait kriteria dan persyaratan yang dilakukan tim penilai.

"Meski tidak lagi peringkat pertama, tetap ini adalah kerja keras yang harus diberikan apresiasi. Apalagi sekarang Palembang masih dalam masa transisi menuju Mal Pelayanan Publik yang sedang dalam proses pembenahan sarana prasarana maupun SDM yang ada," ulas pria yang sukses membawa Palembang meraih peringat pertama pada investment award tahun 2016 lalu.

Dewa berharap, ke depan DPM-PTSP dapat terus mengukir prestasi dan kembali meraih peringkat pertama pada ajang invesment award.

"Kita berharap ke depan dapat lahir inovasi baru. Itulah kunci kompetisi sehat dengan daerah lain," kata Ratu Dewa. (Saft)