Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Hindari Makanan Ini

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Hindari Makanan Ini
MEDIASRIWIJAYA.COM/Net

MEDIASRIWIJAYA.COM - Sering merasa tidak dapat tidur dengan nyenyak. Cobalah lebih selektif dalam memilih menu makanan jelang tidur.

Ternyata beberapa makanan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Hindari asupan-asupan berikut.

Rasanya memang nikmat, tapi ternyata bisa membuat susah tidur seperti dilansir Delish.com berikut:

1. Sayuran cruciferous

Jenis sayuran cruciferous adalah sayuran seperti brokoli, kembang kol, kale (kubis daun), lobak, taoge, dan bok choy.

Sayuran yang mengandung banyak serat seperti brokoli dan kembang kol mengandung banyak vitamin yang sangat bagus untuk tubuh, tetapi membuat tubuh sulit untuk mencerna.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencernanya. Ahli gizi holistik Elissa Goodman menjelaskan bahwa jika makan sayuran ini sebelum tidur maka tubuh akan tetap mencerna sehingga membuat tidur kurang nyenyak.

2. Daging Merah

Daging merah, seperti steak atau daging sapi, memiliki protein yang tinggi sehingga memiliki efek yang serupa dengan sayuran cruciferous.

3. Saus tomat dan saus pedas

Saus tomat memiliki keasamannya yang tinggi, seringkali menyebabkan mulas pada pagi hari dan membuat gangguan pencernaan.

Ahli diet Alissa Rumsey mengatakan sebaiknya makan saus tomat 3 jam sebelum tidur. Hal ini termasuk mengonsumsi makanan pedas.

4. Daging yang diawetkan dan keju

Daging kaleng, sosis atau nugget biasanya mengandung tyramine dan asam amino. Kedua zat tersebut bisa membuat tubuh jadi lebih terjaga.

5. Dark Chocolate

Dark chocolate mengandung kafein tinggi seperti secangkir kopi. Cokelat ini juga mengandung asam amino yang membuat yang membuat tubuh terjaga. Sebaiknya hindari camilan ini pada malam hari.