Hindari Obesitas, Yuk Alihkan Makan Makanan Manis dengan Buah-Buah Ini

Hindari Obesitas, Yuk Alihkan Makan Makanan Manis dengan Buah-Buah Ini
Buah-buahan bantu alihkan kamu dari makanan manis penyebab obesitas (MEDIASRIWIJAYA.COM/Net)

MEDIASRIWIJAYA.COM - Sedang ngidam ingin ngemil makanan yang manis-manis? Tinggalkan kue, cookies, dan teman-temannya, serta beralih ke pilihan buah berikut ini ya.

Makan makanan manis seperti kue dan cookies bisa membuat kadar gula darah melonjak dalam waktu cepat. Jika kebiasaan ini berlanjut hingga dewasa, risiko obesitas pun mengintai.

Nah, jika memang benar-benar ngidam makan makanan manis, beberapa buah berikut ini mengandung rasa manis namun tidak berisiko menyebabkan obesitas dan kenaikan gula darah dalam waktu cepat. Hal ini karena fruktosa dicerna lebih lambat oleh tubuh dibandingkan dengan sukrosa. Apa saja buahnya?

1. Mangga

Suka manis dan suka mangga, cocok nih buat jadi pilihan karena dalam satu buah mangga mengandung sebanyak 45 gram gula. Meski gula buah itu baik, rendah kalori dan tinggi serat, kamu tetap harus membatasi porsi makannya jika memiliki masalah dengan berat badan berlebih atau diabetes.

2. Anggur

Secangkir anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Tak sebanyak mangga, tapi setidaknya buah ini tidak buruk untuk menjadi pengganti permen manis kesukaanmu.

3. Pir

Buah dengan tekstur renyah dan kaya air ini mengandung sebanyak 17 gram gula (ukuran sedang). Sangat cocok disantap jika kamu butuh sesuatu yang menyegarkan di kala terik matahari menyinari.

4. Semangka

Kamu juga bisa menyantap semangka, kandungan gulanya sama dengan buah pir. Apalagi buah merah ini mengandung elektrolit yang bisa mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. (Himedik/suara)