HD: Sumsel Dipastikan Jadi Provinsi UHC

HD: Sumsel Dipastikan Jadi Provinsi UHC
MEDIASRIWIJAYA.COM/Ist Gubernur Sumsel Herman Deru saat diwawancara wartawan.

Palembang, Mediasriwijaya.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memastikan jika Provinsi Sumsel segera menjadi Provinsi Universal Health Coverage (UHC) di tahun ini. “Insya Allah tahun ini juga Sumsel bisa jadi provinsi yang UHC,” ujar Deru saat menghadiri Peresmian Kantor BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumsel, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu yang baru di Jalan Kol H Burlian, Jumat (11/1/2019).

Saat ini, jelas HD, dua kabupaten di Sumsel yakni Muaraenim dan Lahat sudah mencatatkan diri sebagai Kabupaten UHC. Sementara coverage BPJS kabupaten sebagian besar lainnya sudah mendekati 100 persen.

“Mudah-mudahan setelah kita gelontorkan dana dari Provinsi ini semua terpenuhi. Untuk masa transisi ini ada dana Rp56 miliar. Paling lambat enam bulan ke depanlah semua sudah tercover dan Sumsel segera menjadi Provinsi UHC menyusul Aceh dan DKI, karena semua memang harus bermuara ke JKN Sumsel Bersatu” jelasnya.

Sementara itu, Direktur BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan dengan diresmikannya kantor baru ini maka kantor Kedeputian Wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehatan yag ada di Jalan R Soekamyo berpindah ke Jalan Kol H Burlian.

Menurut dia, kehadiran lokasi baru ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan peserta JKN -KIS saat berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan guna melakukan urusan administratif.

“Dengan berpindahnya kantor Kedeputian Wilayah Sumsel Babel Bengkulu diharapkan dapat meningkatkan kinerja demi mendukung program JKN-KIS dan juga dapat meningkatkan kepuasan peserta di Kantor Cabang Palembang,” tutup dia.

Diketahui, Kedeputian Wilayah Sumsel, Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehatan membawahi tiga provinsi yakni Sumsel, Kepulauan Babel dan Provinsi Bengkulu.