H Darmawan: Dorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan

H Darmawan: Dorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan
Foto ist

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com – H. Darmawan SH, Ketua DPRD Kota Palembang mengapresiasi kegiatan sosialisasi tentang peran Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Hal ini diakui Darmawan sebagai bentuk komitmen serius semua pihak dalam hal pengelolaan keuangan negara, dalam hal ini kota Palembang. “Apalagi saya lihat seluruh peserta yang terlibat dalam sosialisasi ini mencakup semua lini mulai dari seluruh lurah di kota Palembang, kepala SKPD dan jajaran, serta dengan hadirnya anggota DPR RI Komisi X juga bisa menambah nilai lebih kegiatan ini,” kata Darmawan usai mengikuti kegiatan yang berlangsung di Hotel Arista, Jumat (14/9/18).

Acara yang dihadiri PJ Walikota Palembang, Akhmad Najib dan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR dari Fraksi PAN, Achmad Hafiz Thohir. H Darmawan menambahkan bahwa Palembang yang sudah 8 kali berturut-turut mendapat predikat WTP Tanpa Syarat, ini membuktikan bagaimana pemerintahan kota Palembang betul-betul konsisten dengan komitmen memgelola keuangan secara transparansi dan akuntabilitas. “Sinergi BPK dengan jajaran pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif pun patut diapresiasi,” tambah Darmawan.

Di tempat yang sama, Ketua BPK Abdul Rachman mengatakan apa yang mereka lakukan semata sebagai sebuah keharusan terkait eksistensi BPK. “Sosialisasi seperti ini sangat penting mengingat banyak yang belum memahami bagaimana prosedur dan pengelolaan keuangan. Kita berharap ke depan masyarakat bisa lebih memahami peran BPK secara utuh sehingga tak perlu takut dengan BPK kalau semua prosedur sudah dipenuhi dan ditaati,” kata Abdul Rachman. (Saft)