Gelombang kedua Jemaah Haji Bersiap Pulang Ke Tanah Air

Gelombang kedua Jemaah Haji Bersiap Pulang Ke Tanah Air
foto net

MADINAH, MEDIASRIWIJAYA.com - Jemaah haji yang tergabung dalam gelombang kedua mulai Minggu (09/09) waktu Saudi akan bertolak dari Madinah menuju Tanah Air. Sebanyak 17 kelompok terbang (kloter) sudah melaksanakan ibadah arba’in (Shalat 40 waktu) di Masjid Nabawi. Sebelumnya telah dilakuka penimbangan koper Jemaah oleh Muasassah yang melibatkan pihak maskapai baik Saudia maupun Garuda.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Mukhammmad Khanif mengatakan sebanyak 7.000 jemaah akan bertolak dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menuju Bandara Haji Soekarno-Hatta Jakarta pada pukul 04.30 WAS. Rombongan Jemaah yang akan pertama kali bertolak ke Tanah Air merupakan Jemaah haji kloter JKS 41 asal Jawa Barat.

“Jemaah JKS 41 akan terbang pada pukul 04.30 WAS menggunakan Maskapai Saudi Airlines,” kata Khanif saat ditemui Media Center Haji di Daker Madinah. Minggu (08/09) pagi waktu Saudi.

Khanif menuturkan sebanyak 410 jemaah haji tersebut sudah mulai diberangkatkan dari 2 hotel di Madinah yakni Hotel Al Andalus serta Ramada Al Hamra pada pukul 22.30 WAS dengan menggunakan Bus dari syarikah SAPTCO.

Untuk air Zamzam, kata Khanif, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada Ketua Kloter, Ketua Regu sampai dengan Ketua Rombongan agar tidak membawa Zamzam kedalam kopernya, seandainya masih ada Jemaah yang nekat masih membawa Zamzam didalam kopernya, para petugas tidak segan untuk membongkarnya.

“Kalau ada yang bawa maka akan dibongkar, dan kalau terjadi kehilangan barang atau rusak bukan menjadi tanggungjawab dari pihak Maskapai,” tegas Khanif.

Air Zamzam Jemaah akan diberikan di Tanah Air di setiap masing-masing Debarkasi sebanyak 5 liter. Air Zamzam tersebut dibawa dengan pesawat kosong (empty flight) dari Saudi ke Tanah Air dan langsung didistribusikan ke setiap Debarkasi.

Ke 17 Kloter yang akan bertolak ke tanah air antara lain : JKS41, SUB38, JKG30, JKS42, MES8, PLM10, BTH11, SOC42, JKS43, JKG31, BPN3, SUB39, SUB40, SOC43, SOC44, SUB41 serta SOC45.(sumber Kemenag)