Dosen UTP Bantu Masyarakat Tanjung Lago Atasi Air Payau Jadi Air Layak Minum

Dosen UTP Bantu Masyarakat Tanjung Lago Atasi Air Payau Jadi Air Layak Minum
Proses Awal dari bak intake, prasidemenasi serta bak penampung.

MEDIASRIWIJAYA.COM - Muhammad Helmi, S.T., M.T dan tim dari Universitas Tridinanti Palembang (UTP) bekerjasama dengan masyarakat Tanjung Lago, Banyuasin yang dibantu oleh Hibah Program Kemitraan Masyarakat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berhasil mengatasi kesulitan air layak minum dengan TEKNOLOGI STERILISASI AIR PAYAU.

Prosedur yang digunakan yakni Bak Intake, koagulan yang digunakan dalam pengolahan air sungai melalui pompa 1 adalah PAC sebagai koagulan atau flokulan untuk menguraikan larutan yang keruh dan menggumpalkan partikel, sehingga memungkinkan untuk memisah dari medium larutannya selama 4 jam. Gumpalan yang mengendap akan terlihat, selanjutnya dialirkan melalui kran pembuangan. Bak prasedimentasi menampung air melalui kran pipa dari bak pengolahan. Sisa-sasa partikel yang mengumpal akan mengendap ke dasar dikeluarkan melalui kran pembungan. Air dalam bak penampungan yang telah jernih, belum terlalu jernih  masih mengandung : Fe CO3 (Ferro Karbonat) ;  Mn CO2 (Mangan Karbonat) ; Zn CO3 (Seng Karbonat).


Muhammad Helmi, S.T., M.T

Air olahan dari bak pengendap dialirkan ke tedmon bak penampung melalui pompa 2. Air dari tedmon bias langsung dialirkan atau di pompakan ke filter mangan  eolite. Filter mangan zeolit untuk menyaring atau menghilangkan zat-zat yang masih melekat ada dalam air serta menghilangkan padatan tersuspensi : Mn CO3 (Mangan Karbonat), dan Zn CO3 (Seng Karbonat).


Proses menghilangkan padatan terlarut dan proses akhir

1) Filter karbon aktif untuk menghilangkan kandungan zat organik, bau, rasa serta polutan mikro lainnya. 
2) Selanjutnya air dialirkan ke filter cartridge sebagai filter penyaring yang dapat menghilangkan padatan terlarut. 
3) Air yang sudah melewati filter cartridge sudah sangat jernih dan dikategorikan air bersih ditampung pada bak penampungan. Air tersebut sudah dapat digunakan untuk mandi maupun untuk mencuci mencuci keperluan berbagai rumah tangga.
4) Sterilisator ultra violet, fungsinya membunuh mikroorganisme patogen yang ada dalam air. Proses ini tanpa memerlukan energi yang besar karena bekerja dengan sistem gravitasi dan hanya memerlukan energi listrik 30 Watt. Hasil akhir pengukuran air olahan nilai  Ph 7,11 dan tidak berbau.


Hasil Pemeriksaan Air

Dari hasil akhir pemeriksaan air olahan pada Teknologi sterilisasi air payau menjadi air minum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat desa banyu urip Dusun 3 kecamatan tanjung lago Kabupaten Banyu Asin telah berhasil dengan baik, dimana :
- TDS/TS (Total Dissolve Solid) atau sering dikatakan jumlah zat padat terlarut 794 mg/liter.  
- Kekeruhan adalah ukuran yang menggunakan efek cahaya sebagai dasar untuk mengukur keadaan air baku dengan skala NTU (Nephelo metrix turbidity unit). Kekeruhan yang disebabkan oleh adanya benda tercampur atau benda koloid didalam air   1,30 skala mtu
- TSS (Total Suspended Solid) adalah residu dan padatan total yang tertahan oleh saringan dengan ukuran partikel 0,20 mg/l
- Berat Jenis larutan adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda dengan alat ukur piknometer 0,10 mg.
- Ph Air hasil pengukuran 7,11 bersifat basa, tidak berbau dan tidak berasa, artinya air olahan aman untuk dikonsumsi. 

Hasil yang diperoleh dari pengabdian kepada masyarakat ini tentang Teknologi sterilisasi air payau menjadi air minum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat desa banyu urip Dusun 3 kecamatan tanjung lago Kabupaten Banyu Asin telah berhasil dengan baik. Hasil akhir pengukuran air olahan TDS/TS 794 mg/liter. Kekeruhan 1,36 skala NTU. TSS 0,2 mg/liter. Berat jenis 1. nilai  Ph 7,11 dan Sangat jernih tidak berbau.  Transfer teknologi, diberikan demontrasi cara menjernihkan air menjadi air bersih dan bagaimana selanjutnya diproses hingga air tersebut dapat diminum dan keberlanjutan program, melakukan monitoring dan evaluasi program.


Rapat Bersama Warga Banyu Urif Dusu III


Pembuatan Bak Intake dan Prasidementasi


Kerangka Baja WTP dan  Pemasangan Tedmon 1100 liter


Pemasangan Pompa Air dan Filter pada Bak Intake dan Prasidementasi dan Perakitan Filter


(Kiri) Pencucian Media dan Pemasangan Filter mangan  eolite dan karbon aktif. - (Kanan) Media Filter pada Tabung 8 Inch Housing Filter 10 inc


(Kiri) Pembuangan limbah - (Kanan) Pengukuran Ph Air dari Ultra Violet