Ditresnarkoba Sumsel Berhasil Musnahkan 4.036 Gram Sabu dan 14.788 Butir Pil Ekstasi

Ditresnarkoba Sumsel Berhasil Musnahkan 4.036 Gram Sabu dan 14.788 Butir Pil Ekstasi
Ditresnarkoba Sumsel Musnahkan Sabu dan Pil Ekstasi (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

PALEMBANG. MEDIASRIWIJAYA. COM,- Direktorat reserse narkoba Polda (Ditresnarkoba) Sumatera Selatan, musnahkan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 4.036 gram dan pil ekstasi sebanyak 14.788 butir, hasil ungkap kasus selama bulan November 2018, dengan menampilkan dua oknum sipir Lapas. Bertempat di halaman apel Ditresnarkoba Polda Sumatera Selatan. Rabu (05/12/2018).

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu pil ekstasi, yang disita dari para bandar narkoba yang mengendalikan peredaran narkoba dari balik jeruji besi Lembaga pemasyarakatan. Pada acara pemusnahan ini turut ditampilkan dua oknum sipir Lapas di kota Palembang dan kabupaten yang kedapatan menjadi kurir para bandar narkoba. Yaitu tersangka Rian Hidayat alias Rian dan tersangka Anthony alias Charles bin Rusman.

AKBP Imran Gunawan, Wasidik Ditresnarkoba Polda Sumsel. Mengatakan jika narkotika yang dimusnahkan ini ada dua jenis sabu dan pil extacy. Jika barang bukti yang dimusnahkan sebanyak sebanyak 4.036 gram dan pil ekstasi sebanyak 14.788 butir dari total sabu 4.099,28 gram sabu dan pil ekstasi sebanyak 14.852 butir.

"Yang kita musnahkan ini ada dua jenis sabu dan pil ekstasi, hasil ungkap kasus jajaran dinas narkoba Polda Sumatera Selatan pada bulan November 2018," jelas AKBP Imran. Dijelaskan AKBP Imran Gunawan.

Ditresnarkoba Sumsel Musnahkan Sabu dan Pil Ekstasi (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

Jika barang bukti yang dimusnahkan ini hasil pengembangan jajaran Ditresnarkoba Polda Sumsel, adanya kendali narkoba dari balik lapas.

"Ini hasil pengembangan kita terhadap narapidana yang saat ini tengah menjalani hukuman di Lapas Serong, di mana dari tangan tersangka ini kita kembali mengungkap kasus peredaran narkoba dan berhasil mengamankan lebih kurang 7,6 kilo sabu yang akan kita musnahkan setelah ada penetapan status" jelasnya.

Salah satu barang bukti yang dimusnahkan ini milik narapidana Arman alias Aji, mertua tersangka firman pecatan polri, dimana dalam peredaran narkoba, melibatkan PNS Lapas Narkotika Serong Banyuasin, atas nama tersangka Rian Hidayat. Dengan perincian. barang bukti yang disita petugas dari tersangka Rian Hidayat yang ditangkap pada Rabu (24/10/2018), di area Lapas kelas 3 Banyuasin, dengan barang bukti narkoba jenis sabu 4. 001, 85 gram, disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium sebanyak 9,58 gram, disisihkan untuk sidang pengadilan sebanyak 10 gram, sisanya dimusnahkan sebanyak 3. 952, 27 gram. Pil ekstasi logo diamond warna pink sebanyak 7.500 butir, dimana 12 butir disisihkan untuk pemeriksaan lab dan 20 butir untuk sidang pengadilan, sisa sebanyak 7.468 butir dimusnahkan. Sedangkan untuk pil ekstasi warna hijau sebanyak 7.352 butir disisikan 12 butir untuk pemeriksaan lab dan 20 butir untuk sidang pengadilan sehingga sisa 7.320 butir dimusnahkan.

Sedangkan dari tangan tersangka Anthony alias Charles ditangkap pada Jumat (12/10/2018), di pinggir jalan gubernur HA Bastari kota Palembang, petugas mengamankan narkoba jenis sabu sebanyak 97,43 gram di mana 1,67 gram disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium dan 10 gram disisihkan untuk sidang pengadilan sehingga sisa 85,76 gram dimusnahkan.

Dengan musnahkan barang bukti narkoba jenis sabu dan ekstasi yang mencapai puluhan dan ribuan ini, setidaknya ribuan generasi muda bangsa dapat terselamatkan dari bahaya narkoba.

Ditresnarkoba Sumsel Musnahkan Sabu dan Pil Ekstasi (MEDIASRIWIJAYA.COM/Ly)

"Untuk 4.000 gram sabu jika 1 gram nya saja bisa digunakan oleh 6 orang berarti 24.000 jiwa terselamatkan, dan untuk pil ekstasi 15.000 butir saja jika dimakan 1 butir 1 orang maka kita bisa menyelamatkan 15000 jiwa" ujar Wasidik Ditresnarkoba Polda Sumsel.

Selanjutnya barang bukti yang sudah disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium dan sidang pengadilan, selanjutnya petugas carilah for memeriksa zat zat aktif yang terkandung di dalam sabu maupun pil ekstasi. setelah di tes barang bukti Kiluan sabu dan ribuan pil ekstasi di musnahkan dengan cara diblender, lalu oleh tersangka larutan narkoba yang telah dicampur deterjen dibuang ke saluran pembuangan.(Ly)