Dispar Tunggu Laporan Objek Wisata

Dispar Tunggu Laporan Objek Wisata
Objek wisata Lahat (Foto Ist)

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat sampai kini masih menunggu laporan 24 camat terkait dengan objek wisata yang terdapat dimasing-masing kecamatan.

"Kami sudah mengirimkan surat kepada camat, meminta data-data objek wisata di setiap desa untuk menjadi data awal pengembangan kawasan wisata," kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Lahat, Rohman, Selasa (27/11).

Menurut dia, potensi wisata di Kabupaten Lahat dinilai memiliki prospek yang sangat menjanjikan hanya saja masih banyak yang belum terdata sehingga untuk mengeksplorasinya masih terkendala.

Padahal, kalau sudah terdata pihaknya tentu akan melakukan sejumlah terobosan untuk mendorong kunjungan wisatawan ke objek wisata di daerah tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, pembentukan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) menjadi salah satu program yang kini digalakan pemerintah pusat yang dapat dilaksanakan pada setiap daerah.

Sosialisasi objek wisata dan pelaku industri wisata juga menjadi ajang menciptakan kreatifitas masyarakat yang memiliki kekayaan alam, katanya.

Dia menjelaskan, akibat belum terdatanya objek wisata di kabupaten yang memiliki objek  wisata air terjun dan peninggalan berupa megalitikum dengan berbagai bentuk tersebut, pihaknya sampai kini belum melakukan sejumlah gerakan terkait upaya mengenalkan kawasan wisata.

Apalagi, pendanaan juga sangat minim, sehingga sampai kini cenderung masih stagnan, tetapi tahun depan ditargetkan program pengelolaan objek wisata berkolaborasi dengan warga lokal akan terlaksana, ujarnya.(gpn)