Dalam Waktu Dekat, OI Bakal Gelar Lelang Lebak Lebung

Dalam Waktu Dekat, OI Bakal Gelar Lelang Lebak Lebung
(MEDIASRIWIJAYA.COM/Foto: Ist) Kadin Perikanan Kabupaten Ogan Ilir (OI) H. Tarmuji melalui Kabid Perikanan Tangkap dinas Perikanan Hasan Herry di Kantor Perikanan Kaupaten Ogan Ilir Kamis (6/12/18)

INDRALAYA, MEDIASRIWIJAYA.COM - Dinas Perikanan Ogan Ilir (OI) bakal melakukan Lelang Lebak Lebung tahap pertama pada Senin (10/12/2018) mendatang. Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Hasan Herry mengatakan, lelang tahap awal akan diikuti 156 desa dan kelurahan di OI yang dipusatkan di kecamatan masing-masing.

Kemudian, untuk lelang lebak lebung tahap kedua nanti akan menjadwalkan kembali setelah lelang tahap pertama selesai. "Dari 16 kecamatan hanya Kecamatan Payaraman saja yang tidak mengikutsertakan lelang dengan alasan tertentu," katanya.

Diakuinya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor lelang objek perikanan tergolong cukup tinggi, tahun lalu PAD dari sektor lelang mencapai Rp1,4 miliar dan berharap ada peningkatkan tahun ini hingga masuk Rp2 miliar sesuai dengan target.

"Sementara diketahui selama ini, sebagian besar wilayah Kabupaten OI terdiri dari kawasan rawa lebak yang kaya akan sumber daya perikanan yang dikelola oleh Pemda Kabupaten OI.

Oleh sebab itu, Pemda berinisiatif untuk meningkatkan PAD dari sektor perikanan yang telah diatur berdasarkan peraturan pemerintah dengan cara melaksanakan lelang," ujarnya. Ditambahkan Hasan Herry, untuk prosedur pelaksanaan lelang sendiri telah diatur oleh masing-masing desa atau kelurahan yang berkoordinasi dengan Camat.

"Bagi peserta yang berminat mengikuti lelang terbuka silahkan mendatangi kantor camat masing-masing. Lelang lebak lebung dilaksanakan secara terbuka, penawar tertinggi, dialah pemenangnya dan berhak mengelola lebung," pungkasnya.

Sumber: Kabar28