Daging Kurban, Ini Cara penyimpanan yang Benar!

Daging Kurban, Ini Cara penyimpanan yang Benar!
ilustrasi net

IDUL ADHA tinggal 4 hari lagi. Hari Raya Kurban bagi umat muslim ini identik dengan daging ya? Baik daging sapi maupun kambing. Biasanya para ibu bingung nich mau diapain karena suasana Lebaran sudah terisi dengan berbagai penganan.

Nah, bagi Anda yang berencana atau sudah ada rencana dengan kesediaan daging, yuk simak tips dari dr Nanung Danar Dono, PhD, Direktur Halal Center Fakultas Peternakan Universitas Gajahmada (UGM).

TIPS MENYIMPAN DAGING QURBAN YANG BENAR

(Agar tetap terjaga kualitasnya)

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Mencucinya besok saja kalo pas mau masak daging.

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. Insya Allah daging dalam keadaan beku dapat disimpan >1 tahun.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yg benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5, Tips tambahan, Jangan memakai kresek warna hitam karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang. Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening....!!!  Baarakallah. Semoga bermanfaat. Disadur dari laman rumah-bumbu.com.