Cara Cerdas Menghemat Kuota, Bikin Kantongmu Gak Bolong!

Cara Cerdas Menghemat Kuota, Bikin Kantongmu Gak Bolong!
ilustrasi smartphone (MEDIASRIWIJAYA.COm/net)

MEDIASRIWIJAYA.COM – Kita saat ini hidup di jaman teknologi canggih yang hampir seluruh manusianya menggunakan smartphone. Tidak hanya yang remaja, namun muda dan dewasa sampai tua pun memakainya. Menggunakan smartphone tidak lepas dari pemakaian kuota untuk mengakses social media yang banyak macamnya.

Banyaknya pemakaian social media dan beberapa fitur seringkali membuat pengguna smartphone boros dalam hal kuota. Dalam sebulan pun bisa beberapa kali membeli kuota. Dilansir dari hipwee, ini dia cara menghemat kuotamu agar tidak boros. Yuk simak!

1. Pastikan mode pesawat aktif saat tidur di malam hari
Salah satu hal yang sangat tidak berfaedah yakni dengan menyalakan paket kuota internet saat sedang tidur di malam hari, buat apa? Kalau ada notifikasi pun, itu pasti akan kamu baca di pagi hari setelah bangun kan? Nah maka dari itu daripada sia sia, mending di aktifkan saja mode pesawat, percaya atau tidak, saya pribadi juga selalu menggunakan cara ini dan nyatanya memang bisa menghemat kuota, bisa hemat baterai HP juga! Kenapa kok bisa hemat kuota? Karena asal kamu tahu, saat ponsel sedang tidak digunakan namun data internet masih menyala, paket data akan terus termakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang, terutama aplikasi seperti sosial media mulai dari Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

2. Matikan update otomatis aplikasi
Ini dia yang paling sering menjadi penyebab kuota internet di smartphone menjadi boros! Ya, penggunaan update otomatis pada aplikasi jelas sangat membuat kuota terkuras habis, apalagi kalau yang di update itu aplikasi berat, tentu saja sangat tidak di rekomendasikan untuk menyalakan fitur ini. Maka dari itu lebih baik di nonaktifkan saja, untuk menonaktifkan auto update aplikasi di android, kamu hanya perlu masuk ke menu setelan aplikasi dan juga di setelan google play storenya.

Dengan begini, kamu jadi bisa lebih menghemat kuota, kalau tidak mau menonaktifkan fitur ini, kamu bisa ganti dengan mengupdate hanya saat tersambung ke wifi saja, sehingga bukan kuota internet kamu sendiri yang terpakai.

3. Matikan auto-play video di sosial media
Pasti pakai Instagram, Facebook dan lainnya kan? Kalau iya, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur dimana saat kamu scrool beranda dan ada postingan video, video tersebut terputar sendiri? Nah jika fitur tersebut aktif, tentu akan membuat penggunaan kuota internet menjadi boros, maka dari itu sangat disarankan untuk menonaktifkan saja fitur ini. Apalagi di Instagram yang merupakan sosial media berbasis foto dan video, jika mengaktifkan fitur auto play video tentu kuota bakal lebih boros.

Untuk mematikannya, kamu cukup masuk ke menu setelan atau pengaturan akun sosial media kamu saja, di situ nanti ada pengaturan auto play video di beranda.

4. Cerdas memilih pembelian kuota
Saat ini hampir semua provider seluler pasti menetapkan kebijakan pembagian kuota. Ada kuota flash yang khusus digunakan untuk mengakses semuanya seperti browsing, streaming dan lain sebagainya. Ada juga kuota chat yang digunakan untuk sekadar chatting saja, yang terbaru juga ada kuota untuk live streaming. Nah silakan beli kuota sesuai penggunaannya saja, Jangan sampai salah dalam memilih paket internet karena itu nantinya juga akan ke penggunaan, jika kamu sukanya chatting di sosmed, ya beli kuota chat, jangan flash, begitupun juga sebaliknya. Dengan ini kamu bakal lebih bisa menghemat kuota karena lebih mudah me-manage penggunaan kuota sesuai penggunaan.

5. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Ada beberapa aplikasi yang tidak perlu dan jarang digunakan? Lebih baik di uninstall saja, apalagi jika aplikasi tersebut seringkali muncul pemberitahuan seperti halnya aplikasi misal toko online, kan itu kadang muncul notifikasi? Padahal itu sama sekali tidak pernah kamu gunakan? Aplikasi semacam itu selalu terkoneksi dengan internet, maka dari itu sebaiknya uninstall saja agar bisa lebih menghemat kuota internet di smartphone kamu nantinya.

Gimana? Mudah kan. Yuk coba diterapkan mulai hari ini. Selamat mencoba!