BUMDesa Sumsel Mulai Berkembang

BUMDesa Sumsel Mulai Berkembang
(Foto ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com  - Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Sumatera Selatan mulai berkembang, terbukti kini telah berhasil mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat pedesaan.

Tenaga Ahli (TA) Madya Pengelolaan Keuangan Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal KPP P3MD Sumatera Selatan, Eka Subakti, Minggu (25/11) kepada MEDIASRIWIJAYA.com mengatakan perkembangan dan kemajuan usaha BUMDesa tergolong cukup progresif.

"Meskipun kegiatan usaha terpusat di desa tetapi komoditi yang mereka produksi dan perdagangkan cukup beragam," katanya.

Ia mencontohkan, BUMDesa Maju Bersama di Desa Sriwikaton, Kecamatan Tugu Mulyo Kabupaten Musirawas tergolong sukses dengan usaha konveksi yang memroduksi pakaian sekolah. Begitu juga dengan BUMDesa Karya Bersama Desa Nusa Seragan Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musibanyuasian yang telah membuat asap cair untuk kebutuhan petani karet.

Sedangkan BUMDesa Mukti Rahayu Desa Mukti Jaya Kecamatan Muaratelang telah sukses menjual berbagai kebutuhan petani padi mulai dari pupuk maupun bibit serta peralatan pertanian, ujarnya.

Eka menambahkan, dengan berkembangnya BUMDesa tentunya, berdampak langsung pada upaya peningkatan tarap hidup masyarakat pedesaan yang mayoritas mengandalkan hidup dari bertani.

BUMDesa yang juga bagian dari program dana desa tersebut, berhasil mendongkrak perekonomian masyarakat dimana kini tidak hanya fasilitas umum dan infrastruktur tersedia secara bertahap sesuai kebutuhan warga di pedesaan, tetapi kegiatan usaha pun kini semakin bervariasi, tambahnya.

Dia mengatakan, kesadaran masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan kini semakin tinggi, dibuktikan dengan tumbuhnya berbagai kegiatan usaha yang menjadi kreativitas masyarakat lokal.

Warga pedesaan pun, tidak hanya mengandalkan hidup dari musim panen saja tetapi juga telah mendapatkan keuntungan dari usaha tambahan, termasuk industri makanan atau kerajinan tangan, katanya. (ne)