Baju Kuruang Basiba Cantik dikenakan Gadis sampai Nenek

Baju Kuruang Basiba Cantik dikenakan Gadis sampai Nenek
(Ist)

BUKITTINGGI, MEDIASRIWIJAYA.com - Baju kuruang basiba merupakan salah satu pakaian khas Minang yang tidak hanya cocok digunakan generasi tua tetapi juga gadis dan ibu-ibu muda.

Hal itu, dibuktikan penyelenggara peragaan busana baju kuruang basiba yang dilaksanakan dalam rangka peringatan hari koperasi yang juga berbarengan dengan kelahiran salah seorang Bapak Proklamator RI Bung Hatta, di Bukittinggi.

"Baju khas tanah Minang tersebut sangat anggun dikenakan sehingga sudah sepatutnya jadi tradisi," kata Koordinator Fashion Show, Ike Seroja di Bukittinggi awal pekan ini.

Dia menjelaskan, peragaan busana tersebut sebagai upaya mengembalikan ingatan bahwa busana baju kuruang tidak hanya indah jika dikenakan oleh model yang cantik, tetapi tetap anggun jika dikenakan oleh orang yang sudah berumur.

Busana khas tersebut kini memang lebih banyak menjadi barang koleksi dan dipakai pada acara-acara besar saja, ujarnya. 

Peragaan baju kuruang kali ini, tetap sesuai pakem dimana peserta mengenakan pakaian longgar sebagai mana ciri khasnya, dilengkapi selendang Koto Gadang serta tingkuluak atau penutup kepala dari songket.

Pengemasan peragaana busana tersebut, yang apik dan anggun serta tampak nyaman digunakan, menyasar generasi muda untuk memilih baju kuruang sebagai pakaian alternatif, tambah dia.

Kegiatan yang menampilkan peragaan busana baju kuruang basiba berwarna-warni menarik tersebut tampak saksikan ratusan penonton, bukan hanya ibu-ibu tetapi juga kalangan milineal.

Ketua Komunitas Basiba Tuty mengatakan, fashion show baju kuruang basiba tersebut diharapkan jadi langkah menarik minat kaum muda untuk melestarikan pakaian khas nan anggun itu.

Dengan demikian, sampai generasi kedepan semuanya akan mengenal baju kuruan basiba, demikian ungkapnya.