Asian Games Usai, Atlet pun Meninggalkan Palembang dengan Prestasi Gemilang

Asian Games Usai, Atlet pun Meninggalkan Palembang dengan Prestasi Gemilang
foto net

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com – Sabtu (1/9/18) kembali prestasi membanggakan ditorehkan atlet Indonesia. Melalui cabang sepak takraw, Indonesia meraih emas setelah berjuang di final mengalahkan tim Jepang. Peristiwa spektakuler ini terjadi di Palembang sebagai tuan rumah. Pertama kali cabang sepak takraw menyumbang emas di even membanggakan negeri ini. Perolehan medali perunggu pun dicetak atlet dari cabang lain pada hari ini dengan perolehan medali bertambah menjadi di atas angka 40- an.

Sesuai jadwal, Minggu (2/9/18), even ini akan segera ditutup dengan acara seremonial yang akan dilaksanakan di Jakarta. Sementara di Palembang tak ada acara seremonial yang digelar. Hal ini bisa jadi menyebabkan para atlet sudah mulai meninggalkan kota Palembang, Sabtu (1/9/18) terutama atlet dari berbagai negara yang sudah selesai berlaga.

Seperti dilansir dari laman kompas.com bahwa Kepala Imigrasi Kelas I Palembang, Budiono mengatakan, dari data mereka, jumlah atlet dan ofisial asing yang datang ke Palembang selama Asian Games berlangsung sebanyak 573 orang. Sementara jumlah atlet dan ofisial dalam negeri berjumlah 5.000 orang.

“Para atlet dan ofisial dari negara peserta sudah berangsur-angsur pulang. Karena besok pertandingan sudah selesai, jumlah yang pulang masih didata," kata Budiono. 

Dilanjutkan Budiono, beberapa atlet yang pulang pun di antaranya berasal dari Filipina, Malaysia dan Qatar. Sedangkan sisanya diprediksi akan mulai pulang seusai acara closing ceremony Asian Games pada 4 Agustus 2018. “Peningkatan wisata asing selama Asian Games memang sangat drastis karena adanya event Asian Games. Ditambah lagi, pelaksanaan di sini berlangsung aman dan tidak ada kendala,” ujarnya.

Pantauan suasana di Bandara SMB II, Sabtu (1/9/18) sejak pukul 05.00 Wib  sudah terlihat ramai dengan aktivitas penumpang yang akan berangkat. Selain  atribut baju kaos dan jaket olahraga bertuliskan nama negara dan cabang olahraga, terlihat kendaraan bertuliskan Asian Games 2018 tampak ramai mengantar penumpang yang turun di terminal keberangkatan di Bandara SMB II.