AMC Bandara Bengkulu Diperiksa Pasca Insiden Sayap Lion Air Senggol Tiang Apron

AMC Bandara Bengkulu Diperiksa Pasca Insiden Sayap Lion Air Senggol Tiang Apron
(Foto Ist)

BENGKULU, MEDIASRIWIJAYA.COM - Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, Lion Air dengan kode penerbangan JT-633 rute Bandara Fatmawati Soekarno menuju Bandara Soekarno-Hatta mengalami keterlambatan karena ujung sayap menyenggol tiang lampu koordinat landas parkir (apron) bandar udara, sehingga mengalami kerusakan.

Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY yang semestinya lepas landas pukul 18.20 WIB, dari Bengkulu dibatalkankan keberangkatannya.

Danang menjelaskan, saat itu pesawat digerakkan oleh pilot dengan panduan dan petunjuk serta tanda yang diberikan oleh petugas Aircraft Movement Control (AMC). Di mana petugas AMC tersebut merupakan personel dari pengelola bandara.

''AMC sedang diperiksa oleh pihak terkait,'' kata Danang, dalam keterangan yang diterima Okezone, Kamis (8/11/2018).

''Penerbangan JT-633 mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat registrasi PK-LHM serta kru yang berbeda. Pesawat mengudara pukul 22.48 WIB dari Bengkulu dan sudah mendarat di Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 23.50 WIB,'' sambung Danang.

Kronologi kejadian adalah, sekira Pukul 17.50 WIB, para penumpang mulai memasuki pesawat. Setelah dipastikan seluruh penumpang boarding, pesawat tersebut taxi out dari parkiran bandara menuju runway untuk take off.

Namun, saat ingin keluar dari parkiran 3, terdapat salah satu pesawat yang sedang terparkir tepatnya di depan gerbang VIP room. Di mana di lokasi tersebut terdapat tiang titik kordinat, sehingga saat melintasi areal tersebut bagian sayap langsung menyenggol tiang koordinat.

Akibatnya, tiang koordinat roboh. Begitu juga dengan bagian sayap sebelah kiri pesawat robek dengan ukuran cukup besar. Dampaknya, ratusan penumpang dengan jadwal penerbangan pukul 18.20 WIB tersebut ditunda keberangkatannya. Di mana calon penumpang tersebut di minta untuk kembali ke ruang tunggu bandara Fatmawati - Soekarno Hatta.

Sumber : Okezone.com