Aksi Hancurkan Make Up Di Korea Tunjukkan Protes Terhadap Standar Kecantikan

Aksi Hancurkan Make Up Di Korea Tunjukkan Protes Terhadap Standar Kecantikan
Aksi Hancurkan Make Up di Korea (MEDIASRIWIJAYA.COM/net)

Aksi ini disebabkan oleh fenomena tentang kecantikan di Korea Selatan.
MEDIASRIWIJAYA.COM - Korea Selatan memang dikenal sebagai negara yang mempunyai standar penampilan yang tinggi. Namun ternyata hal itu mengganggu sejumlah orang. Alhasil ada sekolompok cewek-cewek Korea lakukan aksi hancurkan makeup. Dilansir dari laman Guardian, banyak orang Korea terbebani dengan norma-norma kecantikan di lingkungan mereka. Banyak wanita dikritik ketika menggunakan makeup terlalu menor atau tidak pakai sama sekali.

Hal ini semakin menjadi perhatian ketika seorang presenter berita wanita dikritik karena memakai kacamata saat siaran langsung beberapa waktu lalu. Kemudian sejumlah orang memulai gerakan sosial bernama 'melarikan diri dari korset'. Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan protes adalah dengan menghancurkan makeup sebagai bentuk perlawan terhadap tekanan kepada para wanita untuk tampil dengan penampilan tertentu.

Sejumlah produk makeup, seperti eyeshadow, lipstik, eyeliner, blush, dan lainnya yang harganya tidak mahal dihancurkan dengan menumpahkan isinya ke sebuah kain sehingga terlihat seperti lukisan.

Di Korea Selatan, wajah mulus dengan bentuk bentuk yang proposional memang selalu jadi standar kecantikan. Wanita pun seolah didorong untuk memiliki tampilan wajah yang dewy dan awet muda. Sebab, banyak wanita Korea Selatan yang juga berinventasi pada serangkaian perawatan wajah selain makeup.

Seorang Youtuber bernama Lina Bae juga melakukan hal serupa dalam sebuah videonya bertajuk 'Aku Tidak Cantik'. Di dalam videonya, ia memakai makeup tebal dan bulu mata palsu sambil membaca komentar-komentar mengenai penampilannya. Namun setelahnya, Lina menghapus semua makeup dan berkata, 'Aku memang tidak cantik, tapi itu tidak apa-apa. Kamu spesial apa adanya.'