638 Mahasiswa UIN Raden Fatah ikuti Wisuda Ke-68

638 Mahasiswa UIN Raden Fatah ikuti Wisuda Ke-68
MEDIASRIWIJAYA.COM/Yanti 638 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang mengikuti acara wisuda ke-68 di gedung Academik Center
  • Rektor UIN Raden Fatah Minta Mahasiswa Miliki 3 Kompetensi di Era Industri 4.0

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM- Sebanyak 638 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UINRF) Palembang mengikuti acara wisuda ke-68 di gedung Academik Center, terdiri dari 9 Fakultas dan Program Pascasarjana (PPs) dari jenjang Diploma 3 (D3), Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3) di aula Akademik Center UIN Raden Fatah, Sabtu (29/10).

Dalam sambutannya Rektor UINRF Palembang, Prof Drs HM Sirozi MA PhD. mengungkapkan, orang yang mampu bersaing adalah orang yang memiliki integritas tinggi. Soft skill diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk kegiatan labor keagamaan dan berbagai kegiatan di masjid kampus termasuk kegiatan tahfidz.

“Tahun ini kita telah mewisuda sebanyak 150 orang. Ada yang 10 juz, 15 juz hingga ada yang hafal 30 juz. Kedepannya kita berharap semakian banyak mahasiswa yang hafidz,” ujarnya.

Sirozi menjelaskan, alumni setidaknya harus memiliki 3 kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja era industri 4.0. Langkah pertama yang telah dilakukan UINRF dalam meningkatkan kompetensi alumni, Salah satunya UINRF terus menata kurikulum supaya lulusan memiliki kompetensi yang sesuai dengan prodinya.

“Memiliki keahlian yang memadai sesuai kelimuan sangat diperlukan. Kita terus berupaya menata kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran di kelas,

"Langkah Kedua, lanjur Sirozi, selalu mendorong Mahasiswa UINRF Palembang untuk dapat tepat waktu dalam penyelesaian masa studi seperti yang diraih oleh 3 mahasiswa FISIP UINRF, yang tercatat sebagai mahasiswa pertama dan tercepat 3,5 tahun (7 semester) tamat dari FISIP UINRF.

“Kepada Orang tua dan wali mahasiswa hari ini secara simbolis kami kembalikan, setelah menmpuh pendidikan Tinggi di UINRF, harapan kami kepada mahasiswa yang belum selesai dapat mengikuti jejak-jejak positif oleh kakak tinggkatnya," bebernya.

Langkah ketiga, sambung Sirozi adalah alumni harus memiliki spiritual yang baik dan iman yang kuat sehingga bisa sukses dalam bersaing dengan lulusan dari berbagai kampus lainnya.

“Wisuda Tahun ini kita coba juga dengan memberikan Wisuda Tahfidz kepada 150 orang mahasiswa, semoga kedepan akan banyak lagi mahasiswa yang berhasil meraih doubel Wisuda, yakni ikut wisuda Tahfidz dan Ikut Pula Wisuda Akademik," bebernya.

Menurutnya, bila ketiga kompetensi tersebut diatas dapat dimiliki oleh para alumni dari 9 fakultas dan Program Pasca Sarjana, diyakini alumni UINRF dapat bersaing di dunia kerja di era industri 4.0

"Jika mahasiswa UINRF dapat menyelesaikan dalam tempo kurang dari 4 tahun (8 semester) maka masuk dalam kategori cepat, selesai 8 semester kategori normal, selesai pada semester 9-10 masuk dalam kategori agak lambat, dan bila lebih dari semester 10 bisa terancam Droup Out (DO)," pungkasnya. (Yanti)