4 Larangan BPOM untuk Produk Susu Kental Manis

4 Larangan BPOM untuk Produk Susu Kental Manis
(net)

Jakarta, MEDIASRIWIJAYA.com -- Susu kental manis (SKM) saat ini tengah menjadi bahan pembicaraan publik. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan surat edaran tentang 'Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) pada akhir Mei lalu.

Surat edaran ini dikeluarkan agar tak terjadi lagi kekeliruan di masyarakat terkait mkonsumsi produk Kental Manis kalengan yang banyak diiklankan sebagai produk susu.

Dalam surat edaran tersebut juga BPOM juga menyatakan bahwa SKM bukan produk susu dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

Beberapa larangan yang dikeluarkan BPOM terkait SKM:
1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah lima tahun dalam bentuk apapun.
2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.
3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Kandungan gula pada SKM mencapai 40-50 persen, sehingga tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebih oleh anak dan lebih tepat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengolah makanan. (net)