Polisi Periksa Warga Pagaralam Terkait Karhutla

Polisi Periksa Warga Pagaralam Terkait Karhutla
Petugas berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kota Pagaralam.(foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Meski hujan sudah turun beberapa kali, namun aparat Polres Pagaralam masih terus bekerja menyelidiki penyebab terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di Kota Pagaralam.

Kapolres Pagaralam, AKBP Dolly Gumara SIk MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Acep Yuli Sahara SH mengatakan, saat ini pihaknya telah memeriksa lima saksi terkait peristiwa Karhutlah yang ada di Pagaralam. Dimana lima saksi itu didapat sejak kejadian Karhutla yang berlangsung sejak beberapa bulan ini. “Baru lima orang yang kita panggil dan masih berstatus saksi serta dari kelima saksi tersebut mereka dari wilayah kebakaran di Kecamatan Dempo Tengah,” ujarnya, melansir detiksumse, kemarin.

Ia menjelaskan, dari kelima saksi akan digelar perkara serta djselidiki apakah itu memang murni bencana atau ada faktor kesengajaan. “Kalau untuk wilayah Kecamatan Dempo Selatan baru kita selidiki untuk daerah semak belukar sekitar Bandara Atung Bungsu Kecamatan Dempo Selatan siapa pemilik lahan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Andriego, anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Pagaralam yang tergabung dalam satgas Karhutla Pagaralam berharap Polres Pagaralam cepat menangkap para pelaku Karhutla yang terjadi di beberapa titik wilayah Pagaralam. “Kita sangat mengharapkan agar Polres Pagaralam menindak tegas para pelaku pembakaran hutan dan lahan yang ada di beberapa titik wilayah Pagaralam,” ujarnya.(net)