Polda Sumsel Baksos di SU I

Polda Sumsel Baksos di SU I
Foto: Polda Sumsel bekerjasama dengan kesehatan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan Udara, dan menggunakan program-program yang ada di kepolisian serta bersinergi.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Sebanyak 1.235 orang, yang berasal dari Kelurahan 3/4 Ulu tepatnya berada di Jalan Faqih Usman Lorong Prajurit Nangyu Kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 Palembang, ambil bagian kegiatan bakti sosial dengan tema 'Merajut Kebhinekaan Membangun Kebersamaan Dalam Keberagaman Guna Mewujudkan Indonesia Sehat', Selasa (15/10).

Kegiatan Bakti Sosial (Bansos) yang terdiri dari khitanan, pengobatan umum, operasi katarak, bedah minor, dan donor darah, dan pembagian sembako dilaksanakan di pinggir sungai musi, bahkan tampak Jembatan Musi IV yang tampak samar -samar diselimuti kabut asap yang melanda Kota Palembang sejak beberapa hari ini.

Di saat menunggu rombongan Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli, yang berangkat menggunakan jalur sungai dari Dermaga BKB Palembang, tiba di dermaga Keluarga 3/4 Ulu mengunakan Kapal Sei Enim, disambut dengan kibaran bendera merah putih oleh para pelajar Sekolah Dasar (SD) dan pengalungan bunga. Di sisi lain, warga dengan antusias memadati setiap lokasi Bansos yang sedari tadi mengantri. "Kita hari ini bersama warga kelurahan 3/4 Ulu Kecamatan SU 1 Palembang, kita melakukan kegiatan dalam rangka menumbuhkembangkan rasa kecintaan dan kepedulian kepada warga," ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli, terkait pelaksanaan Bansos tersebut.

Masih dikatakan Kapolda Sumsel, kegiatan bakti sosial ini dikemas dalam tema 'Merajut Kebhinekaan Hidup Kebersamaan Guna Mewujudkan Indonesia Sehat'. "Kegiatan ini kita kemas sesuatu tema, kita tahu bahwa kesatuan adalah hal yang utama, kita tidak bisa apa-apa kecuali kesehatan, makanya Polda Sumsel hadir di tengah masyarakat memberikan kegiatan tali asih dan bakti sosial." jelasnya.

Bakti Sosial ini, selain melibatkan segenap stakeholder jajaran Polda Sumsel, juga melibatkan personil TNI. "Hari ini Polda Sumsel bekerjasama dengan kesehatan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan Udara, dan menggunakan program-program yang ada di kepolisian serta bersinergi, mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat bagi seluruh anak bangsa dan kita-kita yang bekerja juga memberikan manfaat bagi lingkungan kita," harapnya.

KGS Edi Arfa'i, seorang tokoh masyarakat menyampaikan apresiasi atas apa yang diberikan pihak kepolisian yang dikemas dalam bakti sosial, "Kami salut dan bangga atas kepedulian dan perhatian bapak, terhadap kesehatan masyarakat khususnya bagi 3/4 Ulu kota Palembang ini," ungkap Arfa'i " oleh karena itu sudah selayaknya kita sebagai generasi penerus untuk menteladani sikap dan gagasan beliau ini yang benar-benar menyentuh dari kalangan masyarakat. Berdasarkan pengamatan kegiatan ini sukses dan berhasil untuk membantu kesehatan warga, hal ini dibuktikan dengan banyaknya warga yang ingin berobat gratis," tutur KGS Edi Arfa'i.

Disampaikan Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol Syamsul Bahar. Beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada warga masyarakat Kelurahan 3/4 ulu yang telah mengikuti kegiatan bakti sosial hingga mencapai 1.235 orang. "Peserta di antaranya, donor darah 200 orang operasi katarak 15 orang khitanan massal 200 orang sudah minum 20 orang jumlah lebih kurang 1235 orang, pelaksanaan di Lorong Prajurit Nangyu Kelurahan 3/4 Ulu, untuk pelaksanaan Operasi Katarak dan Bedah Minor akan dilaksanakan di RS Bhayangkara Palembang," jelas Kombes Pol Syamsul.

Untuk personil yang dilibatkan dijelaskan Kabid Dokkes Polda Sumsel. "Yang terlibat personal dan tenaga kesehatan unsur TNI AD AL dan AU sebanyak 12 orang unsur kesehatan kota dan provinsi sebanyak 12 orang, Bidokes Polda Sumsel dan Rumah Sakit Bhayangkara Palembang dengan tenaga sebanyak 35 orang," jelasnya. (Ly)