Perusahaan Siapkan Kebun Plasma Sawit

Perusahaan Siapkan Kebun Plasma Sawit
Teks foto Dalam kesempatan yang dilaksanakan Jumat 13 Desember 2019, pada saat pelaksanaan MoU tersebut, Camat Kota Kayuagung bersyukur semua ini berkat kerja sama semua pihak yang terkait terutama Jaksa yang mana tugas Jaksa bukan hanya sebagai JPU tapi juga sebagai JPN (jaksa pemgacara negara).

OKI, MEDIASRIWIJAYA - Hampir 12 tahun Desa Tanjung Menang Kecamatan Kota Kayuagung berjuang untuk dapat menikmati kebun plasma sawit dari PT Gading Cempaka Graha. Namun karena beberapa faktor dan permasalahan yang cukup kompleks, hal itu tak kunjung terwujud.

Dalam kesempatan yang dilaksanakan Jumat 13 Desember 2019, pada saat pelaksanaan MoU tersebut, Camat Kota Kayuagung bersyukur semua ini berkat kerja sama semua pihak yang terkait terutama Jaksa yang mana tugas Jaksa bukan hanya sebagai JPU tapi juga sebagai JPN (jaksa pemgacara negara).

"Ini bisa jadi percontohan di tempat lain yang mempunyai masalah sama," kata Camat Kayuagung Dedy Kurniawan, katanya melansir globalplanet, kemarin.

Awalnya, perjuangan panjang warga desa Tanjung Menang dan Camat Kota Kayuagung berinisiasi memberikan surat kuasa khusus kepada Jaksa Pengacara Negara dalam hal ini pada kejaksaan Negeri OKI agar masalah desa mereka difasilitasi.

Setelah beberapa kali dilakukan mediasi maka masalah tersebut membuahkan hasil yakni kedua belah pihak PT Gading Cempaka Graha dan Desa Tanjung Menang bersepakat dan mengadakan perjanjian, yang intinya perusahaan akan membangunkan lahan plasma sawit pada lahan desa/masyarakat seluas 162 Ha.

Ditambahkan oleh Dedy bahwa model penyelesaian melalui Jaksa Pengacara Negara (JPN) ini sangat menarik, beberapa kali pertemuan sambutan dari kedua belah pihak sangat baik mungkin karena secara psikis kedua belah pihak menjadi terbuka dan memudahkan penyelesaian masalah.

Sama halnya yang dikatakan oleh Andi Haqiqi selaku Kasi Datun pada Kejari OKI. "Ini adalah fungsi dan tugas kami dan kami siap berperan serta demi kemajuan desa, daerah dan bangsa sesuai dengan tupoksi kami," ujarnya. 

"Harapan Desa Tanjung Menang kini sudah terealisasi tinggal tunggu action perusahaan di lapangan," terang Kades Tanjung Menang Darmawi.

Dalam kesempatan berbeda Kajari OKI Ari Bintang Prakoso menambahkan bahwa Kejaksaan OKI akan mendukung program Kabupaten OKI dalam mensejahterakan rakyatnya melalui tupoksi dan porsi.

"Contoh halnya masalah Tanjung Menang ini, dalam tahun ini kami juja akan menyelesaikan masalah Desa Teloko dengan PT Kelantan Sakti, sedikit lagi selesai, doakan ya, insha Allah rampung," tambahnya.

Lalu ditambahkan olehnya bahwa pihaknya berharap dengan adanya pembangunan plasma ini menjadikan BUMdes Tanjung Menang semakin maju dan berkembang karena memang tujuan awal salah satunya adalah memperjuangkan aset desa yakni BUMdes itu sendiri.(net)