Perusahaan Gading Cempaka Graha Peduli Pengrajin Purun di OKI

Perusahaan Gading Cempaka Graha Peduli Pengrajin Purun di OKI
MS/Novitasari BERIKAN -- Kadin Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI Aris Panani SSos MSi didampingi Manager PT Gading Cempaka Graha Burhanuddin, dan Tim Monitoring Ahmad Syamsir memberikan mesin jahir purun secara simbolis kepada perwakilan warga.

 Kembali Bantu 4 Unit Mesin Jahit

KAYUAGUNG, MS – Perusahaan Cempaka Mas Abadi Group, Gading Cempaka Graha (GCG) kembali menyalurkan bantuan 4 unit mesin jahit melalui Corporate Social Responsibility (CSR), Jumat (29/3).

Ke empat desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yaitu kepada masyarakat Desa Tanjung Serang, Desa Teloko, Desa Tanjung Menang Kecamatan Kota Kayuagung, dan Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran yang diserahkan secara simbolis.

Pemberian bantuan ini, sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan yang berada di wilayah ruang lingkup usaha di bidang perkebunan kelapa sawit. Apalagi, di wilayah PT GCG tersebut, banyak lahan lebak purun yang menjadi mata pencaharian masyarakat untuk mencari nafkah dengan cara mengambil purun dan dijadikan kerajinan tangan, hasilnya dijual di pasaran.

“Di sekitar lahan perkebunan PT Gading Cempaka Graha, ada hamparan lebak purun yang menjadi penghasilan kelompok pengrajin tikar dan lainnya. Oleh sebab itu, pihak perusahaan merasa terpanggil untuk ikut serta melakukan pendampingan yang lebih maju dan kerja lebih baik dengan hasil memuaskan,” kata Direktur CSR dan Kemitraan PT Gading Cempaka Graha, Ir Masykur Fauzi.

Masih menurut  Masykur, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Tanjung Serang, Jumat (29/3). Ia berterimakasih kepada masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini, karena selama ini pihaknya sangat mendukung apa yang diinginkan masyarakat untuk kepentingan dan kemajuan warga desa itu sendiri.        

“Pembagian mesin jahit ini merupakan tanda tali kasih pihak perusahaan dengan 
masyarakat melalui CSR. Dan sebelumnya perusahaan telah membantu 8 unit mesin 
jahit untuk delapan desa di Kecamatan Pampangan melalui PT Waringin Agro Jaya," ujar Masykur yang juga tergabung di Perusahaan Mas Abadi Group.

Terkait pengelolaan purun pihaknya juga menggalakkan pelatihan kerajinan anyaman 
purun kepada kelompok masyarakat. "Mesin jahit baru ada 4 unit dan Insya Allah akan terus ditambah. Hasil dari kerajinan 
akan dipasarkan di kota-kota besar, tentunya harga dan kualitas hasil kerajinan mutu 
lebih baik,” timpal Ir Burhanuddin General Manager PT Gading Cempaka Graha

Menurutnya, perusahaan akan membantu pemasaran hasil kerajinan tersebut sebagai komitmen 
dalam membantu masyarakat diaspek perekonomian dan juga dari aspek lingkungan untuk perusahaan yang bertujuan menjaga lingkungan dari kebakaran lokasi perkebunan.

Sementara itu, Kadin Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI Aris Panani SSos MSi didampingi Camat Kota Kayuagung Deddy Kurniawan SSTP MSi mengharapkan, 
keseriusan masyarakat agar bisa memanfaatkan alat mesin jahit ini sebaik mungkin. Karena inilah modal para pengerajin purun untuk melangkah lebih maju. Selama ini hanya membuat kerajinan purun dengan alat manual, pakai tenaga tangan. Kini sudah 
menggunakan mesin jahit.

“Tentunya, dengan mesin ini, hasil produksi kerajinan untuk wilayah OKI bisa menjadi 
andalan, akan meningkat. Apalagi saya dengan pihak perusahaan akan turut memasarkan hasil kerajian di level yang lebih tinggi,” ucap Aris.

Kades Tanjung Serang, Hermayani yang sekaligus mewakili desa lainnya 
mengucapkan, banyak terimakasih atas apa yang telah diberikan oleh pihak perusahaan 
terhadap perwakilan warga desa. Ini suatu kebanggaan warga desa, yang bisa merubah 
perekonomian untuk lebih baik lagi. (nov)