Pertengahan September, Program Sejuta Stek Kopi di Pagaralam Mulai Digulirkan

Pertengahan September, Program Sejuta Stek Kopi di Pagaralam Mulai Digulirkan
Foto: ms/een - Petani sedang memetik kopi di daerah Pagaralam.

PAGARALAM, MS - Menjawab banyaknya pertanyaan masyarakat soal program Pemerintah Kota (Pemkot) Pagarlaam yaitu 1 juta stek kopi yang sudah digaungkan sejak lama. Dinas Perkebunan dan Pertanian kota Pagaralam menegaskan jika awal September tahun 2019 program stek kopi tersenut akan mulai digulirkan.

Hal ini seperti dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam melalui Kabid Perkebunan Rudianto, bahwa saat ini program tersebut sedang dalam proses pengesahan penerima melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Pagaralam. “Rencananya paling lambat pertengahan September tahun ini akan segera terealisasikan,”katanya, Rabu (22/8).

Rudi menjelaskan berdasarkan proposal pengajuan penerima program yang masuk ke pihaknya, ada 42 Kelompok Tani (Poktan) di lima kecamatan se Kota Pagaralam yang akan jadi penerima manfaat program tersebut. “Rincinya 632 hektar lahan dengan asumsi sekitar 1583 batang pucuk bibit stek per orang per hektar,"jelasnya.

Pihaknya menargetkan bahwa program ini akan berjalan sesuai perencanaan dan akan diawasi bekerjasama dengan pihak terkait di antaranya dengan pihak kepolisian dan kejaksaan. “Misinya adalah meningkatkan produksi panen kopi petani sehingga taraf hidup petani dan masyarakat pada umumnya dapat meningkat,”terangnya.

Ditambahkan Rudi, selain menerima bantuan tersebut dalam program itu juga Poktan juga menerima bantuan berupa peralatan pendukung seperti pisau opulasi, plastik sungkup, gunting dan gergaji potong. “Dan sebelum pelaksanaannya para Poktan ini diberikan sosialisasi terlebih dahulu,”pungkasnya.(een)