Pemkot Prabumulih Bangun Pura Terbesar di Sumsel

Pemkot Prabumulih Bangun Pura Terbesar di Sumsel
Foto: Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH.

PRABUMULIH, MS - Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Prabumulih dalam menarik perhatian banyak orang untuk menjadikan daerah Bumi Seinggok Sepemunyian ini jadi kota tujuan. Selain membuat sejumlah ruang terbuka hijau seperti taman kota, Pemkot Prabumulih dalam waktu dekat juga berencana akan membangun pura terbesar di Sumatera Selatan sebagai pusat peribadatan umat Hindu.

Tujuannya tidak lain adalah agar Prabumulih menjadi salah satu kota tujuan bagi masyarakat khususnya umat Hindu yang akan melakukan perayaan agama. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH usai menghadiri kegiatan peresmian
kawasan pertanian toga organik (Pertaganik) di Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Selasa (1/10).

Fikri menjelaskan, rencana pembangunan pura terbesar di Sumsel akan dibangun di wilayah Desa Karya Mulya. Mengingat desa tersebut telah memiliki satu pura yang dijadikan sebagai rumah ibadah bagi umat Hindu di Kota Prabumulih. "Untuk lahannya sudah kita siapkan sekitar 2 hektar milik Pemkot Prabumulih. Namun setelah ditinjau ulang lagi ada lokasi yang dinilai lebih strategis. Jika lahan itu memang sudah fiks tinggal diatur untuk pembebasannya saja," ujar Fikri.

Lebih lanjut orang nomor dua di Kota Prabumulih ini menuturkan, selain telah menyiapkan lahan untuk pembangunan pura, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemprov Bali untuk menjalin kerjasama. Mengingat Provinsi Bali merupakan pusat kebudayaan agama Hindu."Bahkan rencana ini disambut baik oleh Gubernur Bali dan Walikota Denpasar. Tinggal menunggu waktunya saja, rencananya sudah dianggarkan melalui APBD 2020," bebernya seraya berharap rencana tersebut mendapat dukungan dari masyarakat Kota Prabumulih.

Fikri berharap dengan adanya pura terbesar di Sumsel kedepanya akan banyak umat Hindu datang dan berkunjung ke Prabumulih untuk beribadah. "Apalagi umat Hindu ada banyak kegiatan keagamaan seperti Galungan, Ngaben, Nyepi dan kegiatan kebudayaan agama lainya. Dengan adanya Pura nanti di harapkan akan banyak umat Hindu yang datang dari luar kota untuk beribadah dan juga berwisata religi," ujarnya. (saf)