Pemkot Palembang Luncurkan SINDI 

Pemkot Palembang Luncurkan SINDI 
Kadis Kominfo Palembang menunjukkan aplikasi Sindi yang segera akan diluncurkan di lingkungan pemerintahan kota Palembang

* Menuju Layanan e-Paper
* Tinggalkan Layanan Tumpukan Berkas

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Menuju pelayanan e-paper, Pemerintah Kota Palembang saat ini telah mengembangkan sebuah aplikasi terbaru yakni Sistem Informasi Naskah Dinas (Sindi). Saat ini beberapa dinas telah menerapkan aplikasi ini yang bertujuan untuk mempermudah semua pekerjaan atau naskah atau surat menyurat yang ada di Dinas. "Sindi ini adalah sistem ketatalaksanaan surat menyurat di lingkungan pemerintah kota Palembang," ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang, Muhammad Yanuarpan Yany, Kamis (30/1).

Ia mengatakan Sindi ini sebuah aplikasi yang dibuat oleh Dinas Kominfo kota Palembang yang sudah berjalan tiga bulan ini. "Alhamdulilah aplikasi ini sudah  berjalan cukup baik karena dengan adanya sistem ini surat-menyurat ini dapat lebih cepat diterima," jelasnya.

Bahkan membuat waktu lebih fleksibel sehingga dapat diakses 24 jam dan langsung ditandatangani secara elektronik oleh kepala dinas atau pejabat yang bersangkutan. Ia menjelaskan secara rinci, untuk teknisnya yakni surat masuk ke TU, nanti operator TU akan menscan surat tersebut dan diteruskan masuk ke aplikasi sehingga langsung diterima. "Jadi surat akan masuk ke kotak masuk dan nanti akan saya teruskan ke sekretaris atau kabid sehingga langsung dapat diterima," ungkap dia.

Lanjut dia, ia pun dapat memantau surat tersebut apakah sudah ditindaklanjuti oleh stafnya atau belum. "Jadi saya juga bisa cek dan jika belum direspon atau jawab kan bisa saya langsung lihat," jelasnya.
Dengan adanya aplikasi ini memudahkan sekali sehingga berkas atau surat yang masuk langsung segera direspon secara cepat. "Jadi tak ada lagi tumpukan berkas atau surat di atas meja karena semuanya langsung secara mobile. Ketika saya berada di luar kota pun semua berkas atau surat yang masuk bisa langsung ditandatangani tanpa perlu menunggu saya pulang. Jadi benar-benar fleksibel," ungkap dia.

Bahkan berkas pun dipastikan akan tersimpan didalam draft dan tak akan hilang. "Untuk keamanan dijamin semua berkas ada, tinggal diklik saja kalau kita ingin mencari berkas kapan saja yang telah masuk," beber dia.

Saat ini, lanjutnya beberapa dinas telah menggunakan aplikasi Sindi yakni seperti di Sekretariat Pemkot Palembang, DPMPTSP, Bappeda, Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Palembang. "Sedangkan untuk tahap yang sedang  proses yakni Dinas Pertanian, Disdukcapil, PUPR, Peternakan, Pera KP, dan Dinas Koperasi," jelasnya.

Ia menargetkan tahun ini semua dinas akan menerapkan sistem ini sehingga semua terkait ketatalaksanaan surat-menyurat di dinas dapat lebih cepat.
"Insya Allah akan segera kita launching juga aplikasi ini dalam waktu dekat," ujarnya. (rin)