Pembekalan KKN ke-28 UTP Tahun Akademik 2019-2020 

Pembekalan KKN ke-28 UTP Tahun Akademik 2019-2020 
Sambutan Rektor UTP saat pembukaan pembekalan mahasiswa KKN UTP, Kamis (30/1)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Bertempat di Aula Lt 6 Gedung Utama Kampus Universitas Tridinanti Palembang (UTP) berlangsung kegiatan pembukaan Pembekalan KKN Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang (UTP), Kamis (30/1).

Hadir Rektor Universitas Tridinanti Palembang, Dr Manisah. Selain itu hadir juga Pembantu Rektor I, PR II dan PR III, para dekan dan ketua program studi di lingkungan fakultas dan jurusan di UTP seperti Dekan Fakultas Ekonomi, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Pertanian dan Dekan FKIP. Hadir juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Ir. H. Hazairin Samaullah, MEng, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan, Ketua LPSIK, Kepala Perpustakaan, Ketua LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), Para Dosen Pembimbing Lapangan. Hadir Camat Sematang Borang Kota Palembang yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Camat, Erwin Saputra bersama Ketua Rt.4 Kel.Suka Mulya.
  

sambutan Rektor UTP

foto bersama

   

Ketua Pelaksana KKN TA 2019-2020, Muhni Pamuji, S.T., M.M dalam laporannya mengatakan kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata ke-28 Universitas Tridinanti Palembang Tahun Akademik 2019-2020 sesuai dengan program yang telah direncanakan. Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa Strata-1 Universitas Tridinanti Palembang yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan KKN ditujukan untuk menumbuhkembangkan empati dan kepedulian civitas akademika UTP terhadap (1) berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat dan (2) pembangunan berkelanjutan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan masyarakat Indonesia yang sebenar-benarnya. Selain itu, kegiatan KKN diharapkan melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa ketika sudah terjun di masyarakat, berjiwa kepemimpinan. 

Untuk itu, UTP telah mengembangkan kegiatan KKN, KKN tidak hanya berisi kegiatan kerja civitas akademika UTP untuk masyarakat tetapi berisi rangkaian kegiatan integratif interdisipliner yang dikemas secara strategis untuk menyelesaian permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama masyarkat dengan memerankan masyarakat sebagai pelaku penting dan utama serta melibatkan para pemangku kepentingan lain yang terkait. Dalam hal ini, mahasiswa diperankan sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/pengembangan masyarakat. Melalui pembaruan konsep tersebut, kehadiran mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakatnya. Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata mahasiswa kepada masyarakat. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna di dalam lingkungan masyarakat itu sendiri.

Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu pembangunan dalam masyarakat/ pemberdayaan masyarakat yang terletak di Kecamatan Sematang Borang, Palembang.

Fungsi dan Tujuan Kuliah Kerja Nyata Fungsi Kuliah Kerja Nyata yang ingin dilaksanakan adalah  1. Sebagai Motivator, Mahasiswa diharapkan mampu sebagai penggerak untuk dapat mengubah masyarakat yang statis menjadi dinamis.  2. Sebagai fasilitator, Mahasiswa diharapkan mampu sebagai perantara dalam memberikan sumber pengetahuan yang diperlukan masyarakat. 3. Sebagai inovator, Mahasiswa diharapkan mampu sebagai pelopor pembangunan yang diperlukan masyarakat. 4. Sebagai koordinator, Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengkoordinasi semua kegiatan sehingga terjalin hubungan yang erat antara mahasiswa dengan masyarakat.

Lebih lanjut lagi, arah dan sasaran KKN KKN mempunyai tiga sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat bersama pemerintah daerah dan perguruan tinggi. Masing-masing kelompok sasaran memperoleh pemanfaatan dengan adanya KKN, 

Mahasiswa UTP yang akan mengikuti KKN sebanyak 276 orang yang terdiri dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu masing-masing program studi 
Manajemen 1 orang, Akuntansi 10    orang, Teknik Sipil 23 orang,
Teknik Mesin 134 orang, Teknik Elektro 45 orang, Teknik Industri 18    orang, Prodi Arsitektur 3 orang, Agroteknologi 10 orang, Agribisnis 6    orang, Bahasa Inggris 8 orang dan Bahasa Indonesia 16 orang.

Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, dimulai tanggal 3 Februari sampai  2  Maret  2020 (selama 1 bulan). Lokasi KKN disebar di 1 kelurahan di Kecamatan Sematang Borang, Kelurahan Sukamulya.

Rektor UTP, Dr. Ir. Hj. Manisah, M.P dalam sambutan sekaligus membuka acara mengatakan bahwa tujuan KKN ada agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Selanjutnya Manisah berpesan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik almamater UTP dan dengan kesungguhan hati mencari kemanfaatan selama mengikuti KKN.
Kepada dosen, Manisah pun berpesan, laksanakan tugas bimbingan dan monitor terus perilaku di lapangan. "Apa yang dilakukan sejauh mana program yang sudah dilakukan para mahasiswa," ujarnya seraya menambahkan bahwa Tahun Akademik 2019 - 2020 seluruh mahasiswa setelah ikuti ujian skripsi diwajibkan memegang hak cipta dari skripsi yang dibuat. Daftarkan skripsi itu ke Menkum HAM. HAKI hak cipta kekayaan intelektual. Jadi dilindungi UU skripsi kalian. Ini persyaratan ikuti wisuda. Skripsi secara fisik cukup 2 saja untuk dokumentasi perpustakaan, yang lain soft copy. Ini selama 50 tahun masa berlakunya. Selamat mengikuti kegiatan KKN semoga bermanfaat, yakinlah bahwa ini memberikan pengalaman dan pembelajaran yang paling berharga," kata Rektor UTP, Dr Manisah. 

Usai acara pembukaan, Ketua LPMP UTP, Prof H Hazairin Samaullah, MEng mengatakan mahasiswa yang melaksanakan KKN wajib membuat Laporan kegiatan selama mengikuti KKN, namun bukan perorangan tapi tiap kelompok buat laporan. "Jadi ada kelompok yang terdiri dari beberapa mahasiswa buat apa yang dilakukan selama 1 bulan kegiatan KKN ini," ujarnya.

Selain dari penerapkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah, diakui Hazairin, ini adalah salah satu kegiatan akademik dengan ada nilai kredit 2 SKS. Kalau ujian di kampus biasa di dalam kelas tapi KKN adalah ujian di masyarakat. Bagaimana jiwa kepemimpinan, akademiknya, dan lain-lain Inilah setelah lulus dia siap atau tidak berkecimpung di masyarakat. "Dibekali dengan ilmu sosial, ilmu komunikasi, ilmu kemasyarakatan yang belum pernah dia peroleh di kampus. Jadi adaptasi dulu sebelum terjun ke masyarakat untuk mengeksplor kemampuan di masyarakat," ujar Prof Hazairin. (rel)