Peduli Cagar Budaya, Komunitas Bersihkan Situs 

Peduli Cagar Budaya, Komunitas Bersihkan Situs 
Komunitas Pecinta Megalit Seni Adat Besemah. (Foto  ist)

 PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Wujud kepedulian terhadap cagar budaya, kelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Pecinta Megalit Seni Adat Besemah, melakukan aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah di sejumlah megalit yang ada di Kota Pagaralam, Minggu (8/3/20).

Pantauan di lokasi yang juga sebagai objek wisata tersebut, tak sedikit terlihat kotor akibat terpapar sampah. Sehingga berbekal peralatan seadanya seperti sapu lidi serta kantong, alhasil cukup banyak sampah yang berhasil dikumpulkan puluhan personel dari anggota komunitas tersebut.

 Pembina Komunitas Pencinta Megalit Seni Adat Besemah, Refnidal didampingi Amanta Irama Elbe, Ketua Komunitas Pecinta Megalitik Seni Adat Besemah menyampaikan, aksi ini merupakan wujud kepedulian dengan aset kekayaan peninggalan budaya yang ada di wilayah Pagaralam.

“Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama menjaga, merawat dan melestarikan peninggalan budaya, seperti benda cagar budaya,” katanya seraya mengatakan komunitas pecinta megalit ini juga merupakan binaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pagaralam, melansir intens.news.

Ia mengatakan, lokasi cagar budaya yang menjadi sasaran aksi pembersihan diantaranya di situs Megalit Tanjung Aro Arca Dililit Ular, Situs Tegur Wangi Manusia Beghibu, dan Situs Batu Balai. Kegiatan aksi bersih  yang difokuskan di tiga lokasi tersebut setelah dilakukan survei dan pengamatan oleh pengurus yang mana merupakan agenda rutin untuk mengunjungi situs situs yang dekat dengan pusat kota.

Aksi bersih pertama kali menyambangi situs megalit Tanjung Aro. Kemudian, anggota komunitas melanjutkan aksi bersih ke Situs Tegur Wangi yang difokuskan di Situs Arca Manusia Beghibu. Terakhir komunitas bergerak ke Situs Batu Balai Bukit Kayu Manis.

Dirinya tak menampik, ramainya kunjungan saat moment libur tak jarang pemandangan banyaknya sampah sampah plastik.Oleh karenanya, inisiatif teman teman komunitas maka rencana aksi bersih pun kita lakukan. Dengan berkoordinasikan dengan RT setempat melalui juru pelihara situs.

“Kedepannya, komunitas akan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan memberikan penyuluhan dan himbauan untuk menjaga dan memelihara kebersihan disekitar objek objek cagar budaya yang merupakan objek kunjungan wisatawan,” ujar dia.(net)