Pagaralam Siaga Bencana Alam

Pagaralam Siaga Bencana Alam
Kapolres Kota Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH saat memeriksa kesiapan peralatan hadapi  Bencana Masuki Musim Hujan. (Foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Memasuki musim hujan, Polres Pagaralam melakukan sejumlah persiapan untuk siaga bencana alam. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Alun-alun Utara Kota Pagaralam Polres Pagaralam bersama instansi terkait menggelar apel siaga bencana alam 2019.

Kapolres Kota Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK Msi mengatakan, apel ini dilakukan sebagai  bentuk kewaspadaan terhadap bencana alam di wilayah Kota Pagaralam.

“Musim hujan, seperti sebelumnya banyak menyebabkan beragam bencana, seperti banjir dan tanah longsong," kata dia, melansir harianbesemah, pekan lalu.

Selain menyiagakan peralatan dan juga melakukan persiapan personel, dan pengecekan langsung terhadap sejumlah kendaraan operasional masing-masing instansi seperti Basarnas, PBK, Dishub, Sat Pol PP bahkan kendaraan Oprasional Polres sendiri yang siap siaga bilamana terjadi bencana alam.

Menurut Dolly, peringatan akan bencana alam seperti banjir bandang dan longsor bahkan angin kencang sehingga kayu tumbang.

“Kondisi ini yang perlu kesiagaan personel, berbagai peralatan, SDM dan anggaran untuk menentukan metode apa yang akan dilakukan bila terjadi bencana,” ujarnya.

Dia berharap, seluruh instansi terkait yang berhubungan dengan kebencanaan dapat melakukan analisis terhadap potensi bencana di Pagaralam seperti potensi tanah longsor.

“Bencana alam seperti longsor ini potensinya cukup besar tentu dapat diantisipasi dengan menyiapkan peralatan dan kesiapan tim gabungan,” tukasnya

Apel siaga dengan latihan gabungan untuk mempermudah koordinasi sesama instansi terhadap mitigasi bencana itu. Persiapan ini juga merupakan rangkaian dari operasi lilin jelang perayaan natal dan tahun baru.

“Kita ingin mengatisipasi berbagai kejadian menghadapi musim hujan kejadian alam seperti banjir, longsor, angin kencang yang sering merobohkan kayu, termasuk banjir bandang,” ungkap dia.(net)