OKI Luncurkan Smart SIM

OKI Luncurkan Smart SIM
Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Donni Eka Syaputra bersama Dandim 0402 Letkol Inf Riyandi melakukan pembuatan sekaligus melaunching Smart SIM. (Foto ist)

OKI, MEDIASRIWIJAYA - Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Donni Eka Syaputra bersama Dandim 0402 Letkol Inf Riyandi melakukan pembuatan sekaligus melaunching Smart SIM, model terbaru yang resmi diluncurkan Korlantas Polri, 22 September 2019.

Kasat Lantas Polres OKI AKP Amalia Kartika melalui Kanit Regident Iptu Murryanto, ketika dibincangi di sela-sela kegiatan Kapolres dan Dandim itu, Senin (14/10/2019) mengatakan, dengan telah diluncurkannya Smart SIM, bagi masyarakat yang membuat dan memperpanjang SIM akan mendapatkan SIM model terbaru ini.

"Tidak ada perubahan biaya, semua masih mengacu ke peraturan pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016. Jadi tidak naik, yang ada hanya peningkatan kualitas," Kata Murry, seraya menambahkan, Pada Smart SIM terdapat Chip yang akan merekam jejak pelanggaran pemilik, Apakah pernah ditilang atau Lakalantas, melansir globalplanet.

Dia menjelaskan, smart SIM juga memiliki beberapa keunggulan karena bisa diisi saldo uang elektronik atau e-money maksimal hingga sebesar Rp2 juta melalui Bank BNI. Dengan begitu, bisa difungsikan sebagai uang untuk pembayaran e - Tilang, parkir, e - Tol dan lainnya. "Penukaran SIM lama ke Smart SIM hanya berlaku untuk pemohon yang baru membuat SIM atau yang melakukan perpanjangan sesuai tanggal akhir masa berlakunya SIM. Sehingga yang belum memasuki masa akhir berlakunya SIM yang dipegang warga belum bisa ditukarkan dengan Smart SIM," jelasnya.

"Saldo uang yang telah diisi dan tersimpan di Smart SIM. Jika ternyata SIM nya hilang, otomatis saldo juga hilang. Lain halnya bila Smart SIM tersebut rusak atau habis masa berlaku, Maka saldo bisa diganti," tegasnya seraya mengatakan, Smart SIM bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.(net)