Muratara Pastikan tidak ada Desa Tertinggal

Muratara Pastikan tidak ada Desa Tertinggal
Kantor Pemkab Muratara di Jalan lintas Sumatera, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit.(FOTO IST)

MURATARA, MEDIASRIWIJAYA - Sebanyak 27 desa di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terlepas dari status sangat tertinggal pada tahun 2019 ini. Data tersebut diketahui dari rekapitulasi Indeks Desa Membangun (IDM) yang dirillis Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP3A).

Rekapitulasi IDM dinilai berdasarkan empat indeks, yakni Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL), dan Indeks Ketahanan Kesehatan (IKK).

Verifikasi berkas IDM dilakukan oleh beberapa pihak terkait, seperti Dinas PMDP3A, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Tenaga Ahli Kabupaten Muratara.

Selain itu, verifikasi berkas IDM juga melibatkan pemerintah kecamatan, pemerintah desa serta pendamping desa. "Tahun 2018 ada 27 desa berstatus sangat tertinggal. Alhamdulillah tahun 2019 ini nol desa sangat tertinggal," kata Asisten II Pemkab Muratara, Suharto Patih, melansir tribunsumsel, pekan lalu.

Sebanyak 27 desa yang terlepas dari status sangat tertinggal itu tersebar di seluruh kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muratara. "Paling banyak di Kecamatan Ulu Rawas dan Rawas Ilir, masing-masing ada enam desa. Paling sedikit di Kecamatan Karang Jaya cuma satu desa," beber Suharto.

Ia menambahkan, untuk jumlah desa yang berstatus tertinggal mengalami penurun dari 36 desa pada tahun 2018 menjadi 21 desa pada tahun 2019.

Sementara desa dengan status berkembang meningkat drastis dari 17 desa pada tahun 2018 menjadi 54 desa pada tahun 2019. "Desa berstatus maju juga bertambah lima, tahun 2018 lalu hanya ada dua desa maju, nah tahun 2019 ini bertambah menjadi tujuh, untuk desa mandiri belum ada," kata Suharto.

Adapun desa-desa yang terlepas dari status sangat tertinggal di Kabupaten Muratara tersebar di tujuh kecamatan, dengan rincian sebagai berikut : Di Kecamatan Rupit, yakni Desa Batu Gajah Baru, Lubuk Rumbai, Karang Waru, Noman Baru dan Desa Tanjung Beringin.

Di Kecamatan Rawas Ilir, yakni Desa Air Bening, Batu Kucing, Beringin Sakti, Ketapat Bening, Pauh dan Desa Mekarsari. Di Kecamatan Ulu Rawas, yakni Desa Jangkat, Sosokan, Kuto Tanjung, Muara Kuis, Pulau Kidak dan Desa Napal Licin. Sedangkan Kecamatan Nibung, yakni Desa Jadi Mulya, Jadi Mulya I, Krani Jaya dan Desa Tebing Tinggi. Di Kecamatan Rawas Ulu, yakni Desa Pangkalan, Kartadewa dan Desa Sungai Lanang.

Selanjutnya, Kecamatan Karang Dapo, yakni Desa Aringin dan Biaro Lama. Di Kecamatan Karang Jaya hanya Desa Lubuk Kumbung. (net)