Muratara Bakal Bangun Pasar Induk

Muratara Bakal Bangun Pasar Induk
Foto bersamaPemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

MURATARA, MEDIASRIWIJAYA - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengajukan pembangunan pasar induk, ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Pengajuan melalui proposal tersebut diserahkan langsung Bupati Muratara HM Syarif Hidayat kepada Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih dalam suatu kegiatan beberapa waktu lalu, melansir linggauklik. Syarif mengatakan, pengajuan pasar induk dilakukan untuk mengefisienkan pengeluaran masyarakat Muratara dalam berbelanja kebutuhan pokok.

Ia  menjelaskan, selama ini kebutuhan pokok di Muratara memiliki harga cenderung lebih tinggi dibandingkan harga di kabupaten tetangga. “Selama ini harga kebutuhan pokok di daerah kita lebih tinggi,hal itu terjadi karena ditambah ongkos,” jelas Bupati.

Dengan akan didirikan pasar induk, Bupati berharap harga bahan pokok akan normal seperti daerah tetangga, dan juga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonian masyarakat dari peluang usaha yang disediakan. “Kita harap ajuan kita dapat terealisasi dengan cepat, sehingga Muratara akan memiliki pasar induk sendiri, dan warga kita tidak harus jauh jauh ke Lubuklinggau ataupun Sarolangun dalam berbelanja kebutuhan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih, mengungkapkan bahwa ia akan membantu Pemkab Muratara untuk menyampaikan permohonan pembangunan pasar induk di Muratara Kepada Gubernur Sumsel

Dikatakannya Eko Retnaningsih, bahwa pusat perekonomian seperti pasar induk sangatkan diperlukan dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, maka dari itu ia akan mengupayakan pengusulan pembangunan pasar induk yang diajukan oleh Pemkab Muratara. “Kita akan sampaikan kepada Gubernur mengenai pengajuan ini,do’akan saja agar cepat respon, sehingga Muratara akan memiliki pasar sebagai wadah pusat perekoniomian” sampainya

Ditempat yang berbeda Kepala Bappeda Muratara, Erwin Syarif, menjelaskan bahwa pemkab Muratara telah menyiapkan lahan andai pengusulan pembangunan pasar induk terealisasi. Dikatakan Erwin, bahwa pemkab Muratara telah menyiapkan lahan seluas 7 Ha, untuk pembangunan pasar induk tersebut, yang lokasinya berada di Pusat Ibukota Kabuoaten Muratara “Bila usulan terealisasi, pemkab sudah siapkan lahan di sekitaran RSUD Rupit, yang luasnya mencapai 7 ha,” ungkap Erwin.(net)