Meriahkan Festival Gapura, Karang Taruna Dusva Tampilkan Puyang Serunting Setinggi 4 Meter

Meriahkan Festival Gapura, Karang Taruna Dusva Tampilkan Puyang Serunting Setinggi 4 Meter
Karang Taruna Dusva Seghase Foto Bersama Usai Pemasangan Gapura Puyang Serunting Sakti.

PAGARALAM, MS - Guna memeriahkan gelaran HUT RI ke-74 seperti biasanya sebagian masyarakat dan karang taruna mulai disibukan dengan kegiatan, seperti lomba ataupun kegiatan meriah lainya. 

Namun hal berbeda dilakukan oleh salah satu karang taruna di Kota Pagaralam, yaitu Karang taruna Dusun Pagaralam (Dusva) Seghase, Kelurahan Pagaralam, Kecamatan Pagaralam Utara. Pasalnya di tahun ini memfokuskan mengikuti Festival Gapura yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Pantauan di lapangan, karang taruna mengambil tema sang legenda Pagaralam yaitu Serunting Sakti. Dimunculkannya sosok Serunting Sakti tersebut karena memiliki keunikan kedaerahan di Pagaralam.

Ketua Karang Taruna Seghase Dusun Pagaralam M Serli didampingi Ketua Tim Ali Affan mengatakan sejak adanya pengumuman Festival Gapura yang digelar Gubernur Sumsel H Herman Deru pihaknya sangat tertarik. 

Untuk itulah, pada 1 Agustus 2019 langsung berembuk untuk ikut membuat gapura dan patung Puyang Serunting Sakti. Namun untuk perlombaan akan tetap kita gelar untuk hiburan anak-anak dan masyarakat Dusva khususnya."Kami sangat senang ikut Festival Gapura ini. Apalagi, semua pemuda sangat antusias ikut membuat patung dan gapura, usai gapura dipasang nantinya,"katanya, Kamis (15/8).

Dikatakan Serli, untuk patung Puyang Serunting Sakti dibuat dengan bahan utama bambu tali dan bambu mayan. Setelah dirakit, bambu dibalut dengan kertas koran untuk semua bentuk dari kaki hingga kepala. "Ukuran patung hampir setinggi 4 meter. Semua ini kami selesaikan dengan menghabiskan waktu sembilan hari hingga pemasangan," jelasnya.

Ditambahkan Serli, bergeraknya keterampilan anak-anak muda Dusun Pagaralam ini tidak lain dari dukungan semua pihak. Untuk itulah, pihaknya mengucapkan ribuan terima kasih karena upaya ini sudah hampir rampung sehingga kami bisa menang pada Festival Gapura ini.(een)