Mati Dalam Tugas Diajukan Dapat Santunan Rp 36 Juta

Mati Dalam Tugas Diajukan Dapat Santunan Rp 36 Juta
Ketua KPU OKU

Honor KPPS Dianggarkan Naik 120 Persen

BATURAJA, MS  - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengajukan anggaran lebih kurang Rp 67 miliar ke pemerintah. Dana ini untuk keperluan kegiatan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang yang dijadwalkan pada 2020 mendatang.

Ketua KPU OKU, Naning Wijaya ST didampingi Sekretaris KPU OKU, Erwin Suharja SH saat dibincangi di Kantornya, Senin (17/9) menjelaskan, memang benar sebelumnya diajukan sebesar Rp 57,8 miliar untuk pelaksanaan Pilkada OKU. Namun kemarin diajukan perubahan menjadi lebih kurang Rp 67 miliar untuk pelaksanaan Penyelenggaraan Pilkada OKU.

Terjadinya perubahan ini, kata Naning dikarenakan beberapa hal. Antara lain mulai dari sosialisasi, alat peraga kampanye, hingga honorarium petugas PPK, PPS hingga KPPS yang naik.

"Kenaikannya untuk PPK saja dari honor sebelumnya lebih kurang 100 persen. Untuk KPPS kenaikannya lebih kurang 120 persen jika dibanding sebelumnya," jelas Naning tidak menyebut angka besaran honor PPK sampai KPPS.

Ia menjelaskan selain hal tersebut, pihaknya juga mengalokasikam dana santunan untuk penyelenggara pemilu, badan achoc pada Pilkada mendatang. Santunan yang akan diberikan antara lain untuk santunan Kematian, sakit dan cacat total yang disebabkan saat melaksanakan tugas. "Untuk rinciannya saya lupa. Yang jelas untuk santunan kematian lebih kurang sebesar Rp 36 juta," katanya.

Terpisah Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) OKU, Hanafi saat dikonfirmasi, membenarkan jika KPU OKU mengajukan penambahan anggaran untuk Pilkada OKU. Lebih kurang pengajuan menjadi Rp 67 miliar. "Ini belum final. Sebab baik itu pengajuan anggaran dari KPU OKU, maupun Bawaslu Kab OKU masih akan dibahas lagi dan akan diverifikasi lagi oleh Tim Kesbangpol. Yang jelas kita memiliki rujukan dari kabupaten tetangga yang melaksanakan kegiatan yang sama," ucapnya.(rnj)