Mathematic, Easy and Fun

Mathematic, Easy and Fun
foto IST PAPAN TRANSFORMASI - Mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang, Nopia Rika dan Meli Tri Alina memperagakan alat berupa papan transformasi.

PALEMBANG, MS - Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan siswa selalu berfikir bahwa matematika selalu berkaitan dengan rumus yang sulit dihafal sehingga salah satu alternatif yang mereka gunakan dalam belajar matematika ialah menghafal. Padahal jika  siswa memahami konsep materi maka matematika bisa menjadi sangatlah mudah dan menyenangkan. 

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang pada, Rabu (27/3) di MA Aisyiyah Palembang mengenalkan alat peraga yang mereka bawa yaitu papan transformasi. Menurut Nopia Fika dan Meli Tri Alina, alat yang mereka peragakan itu dibuat dengan tujuan agar tercipta pembelajaran matematika yang menyenangkan.  "Alat peraga yang kami bawa ini bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton dengan cara menanamkan konsep 

transformasi secara garis besar adalah suatu perpindahan. Jadi perpindahan itu bisa berupa translasi (pergeseran), refleksi (pencerminan), rotasi (perputaran) dan dilatasi (perbesaran atau pengecilan objek)," ujat Nopia Fika.

Menurut keduanya, sebelum dilakukan pengenalan alat peraga sebagian siswa banyak belum paham apa itu translasi, dilatasi, rotasi dan refleksi. Dengan adanya alat peraga transformasi maka siswa lebih memahami konsep masing-masing transformasi. 

Adapun cara penggunaan alat peraga papan transformasi yaitu hanya cukup menggeser bingkai mika untuk translasi, membalik bingkai mika untuk refleksi dan memutarkan bingkai mika untuk rotasi. "Dengan adanya alat peraga ini memancing siswa untuk lebih tertarik lagi dalam belajar matematika dan mengubah sudut pandang siswa menjadi Mathematic Easy and Fun," ujar mereka. (rel)