Mantan Kades Nakhodai DPRD OI

Mantan Kades Nakhodai DPRD OI
Teks photo : Usai dilantik sebagai Ketua DPRD Ogan Ilir yang baru, Soeharto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua DPRD yang lama Ir H Endang PU Ishak MSi.

INDRALAYA, MEDIASRIWIJAYA - Siapa sangka bila Soeharto yang merupakan seorang politisi senior partai Golongan Karya (Golkar) yang dahulunya merupakan seorang Kepala Desa (Kades) Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI). Kini terpilih menjadi pucuk pimpinan DPRD Kabupaten OI periode 2019-2014. Pria yang akrab disapa "Bung Harto" ini, Senin (7/10) resmi dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Kayuagung Kabupaten OKI berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumsel H Herman Deru Nomor: 543/KPTS/I/2019 Tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Soeharto sebagai Ketua DPRD OI, Wahyudi Maruwan sebagai Wakil Ketua I dan Ahmad Syafei sebagai Wakil Ketua II.

Pelantikan Ketua DPRD Kabupaten OI berlangsung khidmat bertempat di Gedung Paripurna DPRD OI KPT Tanjung Senai Indralaya. Bupati OI HM Ilyas Panji Alam turut hadir pada acara pelantikan Ketua DPRD OI, Sekda beserta jajaran serta para tamu undangan lainnya. Usai dikukuhkan sumpah dan janji jabatan, Ketua DPRD Ogan Ilir Soeharto mengatakan upaya pertama yang akan dilakukan pihaknya adalah melanjutkan tugas dari pada Ketua sementara. "Tempo hari kan ketua sementara membentuk tim yakni tim penyusunan tata tertib (tatib) kode etik dan remaja," ucapnya.

Soeharto menambahkan, ke depan pihaknya bersama-sama wakil ketua dan anggota akan mengkonsultasikan kepada pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. "Setelah tatib tersebut sudah sempurna, tentunya kita sebagai pimpinan definitif akan kita sahkan," ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, politisi senior partai Golkar ini mengakui bila dahulunya ia merupakan seorang Kepala Desa di Kecamatan Pemulutan Kabupaten OI yang telah menjabat selamat dua periode sejak tahun 90-an sampai tahun 2000 ke atas. Atas kepercayaan warga masyarakat Kecamatan Pemulutan, ia terpilih menjadi wakil rakyat DPRD OI pada Pemilu Legislatif tahun 2009 lalu sampai dengan tiga periode hingga 2024. "Dan alhamdulillah sekarang saya dipercaya menjabat sebagai pimpinan lembaga DPRD Kabupaten OI," tutur Soeharto.

Atas kepercayaan yang telah diberikan ini, kedepan pihaknya akan bekerja bersama-sama eksekutif untuk membangun Kabupaten Ogan Ilir gemilang. Ia mengakui perjuangan untuk meraih hasil yang maksimal tidaklah mudah. "Tentu saja butuh kerja keras, pengorbanan, usaha diiringi doa," ucap Ketua DPRD OI Soeharto.

Sementara itu, usai menghadiri pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten OI, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam dalam sambutannya mengatakan, tugas dan tantangan ke depan semakin berat, dan pihaknya berharap ke depan hubungan pemerintah daerah selaku pihak eksekutif dapat bersinergi. Sehingga terjalin hubungan kerja dalam membangun daerah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. "Saya selaku kepala daerah mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dan selamat bertugas," ungkapnya singkat.(Ber)