Maju Bersaing Pilkades, Ipan Suri Siapkan Delapan Program Unggulan

Maju Bersaing Pilkades, Ipan Suri Siapkan Delapan Program Unggulan

BATURAJA, MEDIASRIWIJAYA – Beberapa Desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), pada 2020 ini. Di antaranya yakni Desa Padang Bindu, di Kecamatan Semidang Aji.

Seorang Calon Kepala Desa menjadi perhatian. Ipan Suri namanya. Profesi keseharian sebagai petani, namun pengalamanya dalam memimpin tidak diragukan lagi. Bapak dari empat orang anak ini pernah menjabat dua periode sebagai komisioner Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di wilayahnya.

Maju bersaing di Pilkades bukan semata-mata untuk meraih kursi nomor satu di tingkat Desa. Melainkan didasari dari niat dan cita-cita pengabdiannya untuk masyarakat. Khususnya di Desa Padang Bindu.

Delapan program kerja unggulan ia siapkan untuk mencalonkan diri sebagai Kepala Desa. Tujuan tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memperbaiki penyelenggaraan pelayanan masyarakat dan pembangunan di desa.

“Yang jadi perhatian kita saat ini yakni peningkatan layanan kepada masyarakat. Mulai dari layanan administrasi hingga layanan kebutuhan masyarakat di desa lainya. Bahkan Petani juga menjadi perhatian,”kata suami dari Ana Kumala Sari ini, saat dibincangi, wartawan, Kamis (6/2/2020).

Mengapa petani menjadi perhatian, disadari Ipan Suri, Desa Padang Bindu masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai petani. Bahkan bisa dikatakan petani Talang, yang membutuhkan infrastruktur jalan yang memadai. Ke depan agar hasil pertanian mudah diangkut, ia berencana akan meningkatkan insfrastruktur seperti perbaikan jalan. Lebih dari itu, juga akan menggiatkan lagi usulan-usulan bantuan untuk petani dan Peningkatan Pembinaan SDM Bidang Pertanian

“Pastinya bukan hanya mengandalkan anggaran desa. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pertanian di Kabupaten OKU. Jadi kita juga ke depan harus lebih aktif untuk menjemput bola, sebab banyak program-program pemerintah yang bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,”kata pria berusia 42 tahun ini.

Tidak kalah penting kata Ipan Suri, ke depan layanan terhadap masyarakat harus ditingkatkan. Misalnya, mempermudah dalam pengurusan administrasi. Seperti pengurusan, KTP, KK, Akta Kelahiran dan sebagainya. Sesuai motonya, “Yang sudah bagus dibaguskan lagi, yang kurang ditambah. Yang belum ada akan diadakan”

“Hal seperti ini sebenarnya ringan namun, layanan cepat dan mudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Ini akan kita wujudkan sehingga kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan baik dan maksimal,”ucapnya.

Untuk itu Ipan Suri, meminta dukungan dan doa dari keluarga dan masyarakat di Desa Padang Bindu. Ia meyakini, dengan dukungan doa dari semua pihak apa yang diharapkan dan di cita-citakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Desa bisa terwujud.(rnj)

 

Boks :

Program Kerja Ipan Suri :

1. Peningkatan Kegiatan Keagamaan

2. Transparansi Pengelolaan APBDes

3. Administrasi Gratis termasuk buat kk dan KTP

4. Santunan Kematian.

5. Pembangunan fasilitas olah raga untuk muda mudi

6. Pengembangan bumdes melalui pemberdayaan muda mudi dan karang taruna

7. Perhatian lebih fokus untuk infrasturktur daerah talang

8. Pemerataan pembinaan PKK dan Posyandu