Mahasiswa se-Sumsel Siap Kawal Jalannya Pemilu 

Mahasiswa se-Sumsel Siap Kawal Jalannya Pemilu 
foto ms/fadli Asep Jovi Ketua Pelaksana Deklarasi Gerakan Mahasiswa Kawal Demokrasi yang bertempat di gedung Academic Centre Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang


PALEMBANG, MS.Com - Sebanyak ratusan mahasiswa yang merupakan perwakilan dari mahasiswa berbagai Universitas yang ada di Sumsel menghadiri acara Deklarasi Gerakan Mahasiswa Kawal Demokrasi yang bertempat di gedung Academic Centre Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Pada acara tersebut turut hadir langsung Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Denni Gapril. 

Asep Jovi, Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan tujuan digelarnya kegiatan ini selain sebagai wahana mensosialisasikan keikutsertaan mahasiswa dalam mengawal pesta demokrasi sekaligus mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. "Di kesempatan ini pula kami ingin mengajak kepada segenap mahasiswa dan masyarakat secara keseluruhan agar mempercayakan penyelenggaraan Pemilu 2019 ini sepenuhnya kepada KPU dan Bawaslu. Sekaligus dengan menangkal berbagai macam berita hoax yang dengan masifnya menyebar berita-berita hoax untuk menciptakan ketakutan di kalangan pemilih," imbuh Asep.

Dikatakan Asep yang merupakan mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) ini, kegiatan ini murni inisiatif rekan mahasiswa yang peduli akan kondisi demokrasi yang mulai digoyang pasca era reformasi tahun 1998. "Kami sebagai mahasiswa terpanggil kembali untuk turun dan melakukan gerakan moral pada Pemilu 2019 karena kami tidak mau bangsa ini terpecah belah hanya karena pesta 5 tahunan, yang mana hal yang lumrah ketika terjadi perbedaan dalam pilihan. Dan untuk menetralisir hal tersebut maka kami mahasiswa harus siap dan berdiri di depan untuk kawal demokrasi,”imbuhnya.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Denni Gapril dalam sambutannya mengajak kalangan mahasiswa untuk mensukseskan pemilu dan meminta mahasiswa ajak warga yang memiliki hak pilih dan jangan golput. “Masyarakat memiliki peran penting dalam pesta demokrasi ini. Pilihan yang ditentukan pada Pemilu dan Pilpres nanti akan menentukan pemimpin 5 tahun ke depan. Jadi Mari kita sukseskan pemilu 17 April 2019 dan jangan kita golput,”ajaknya.(Fdl)