Lansia Hangus di Rumah Terbakar

Lansia Hangus di Rumah Terbakar
Foto: Rumah usia lanjut (lansia) hangus terbakar, setelah rumah permanen yang ditempatinya bertahun-tahun di kawasan Jalan Joko No 15 Rt 21 Rw 08 Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Palembang, terbakar, Minggu (6/10) pukul 05.15 Wib.

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Adik pemilik rumah, usia lanjut (lansia) hangus terbakar, setelah rumah permanen yang ditempatinya bertahun-tahun di kawasan Jalan Joko No 15 Rt 21 Rw 08 Kelurahan Talang Semut Kecamatan Bukit Kecil Palembang, terbakar, Minggu (6/10) pukul 05.15 Wib.

Kobaran api diketahui saksi Meida, jika api berasal dari gudang belakang rumah, api dengan cepat membakar dapur dan seluruh bagian rumah korban Sarifudin (72) seorang pensiunan Pusri ini. Api dapat dipadamkan setelah warga, petugas polisi dan pemadan kebakaran tiba bersama 4 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari PBK Kota Palembang.

Saat api sudah padam, salah satu kerabat masuk untuk melakukan pemeriksaan kondisi rumah pasca terbakar. Mereka terkejut korban adik pemilik rumah Juhairiyah (58) perempuan meninggal dunia, tubuh korban ditemukan di dapur. "Kebakaran itu diketahui pas salat subuh,  pas kami lagi ceramah, ada asap dan dengar teriakan kebakaran laju kami lari ke situ dan memang kebakaran, kalau asal usul api kami belum tahu," ungkap Safawi, selaku Ketua Rt 21.

Untuk korban jiwa, dijelaskan Safawi, jika korban Juhairiyah (58) merupakan adik pemilik rumah yang memang kondisinya saat itu sedang sakit. Ditambah lagi sebagian penghuni rumah tidur di tempat saudara yang ada di depan rumah korban. "Korban jiwanya itu adiknya yang paling kecil istilah mereka tapi sudah dewasa kelahiran tahun 1961 atau 1962, kondisi memang kurang normal bahkan kesulitan berjalan dan bicara. Korban tidak bisa keluar karena sudah terkepung api, sudah itu yang tidur di sana tidak ada yang menemani," jelasnya.

Safawi mengakui jika korban Juhairiyah (58) merupakan warganya. "Iya benar dia warga Rt 21, jenazah ditemukan di dapur," ujarnya.

Oleh petugas PMI Kota Palembang, jenazah Juhairiyah (58), yang ditemukan di puing-puing kebakaran di dapur rumah, setelah dimasukkan ke dalam kantong jenazah dievakuasi ke Instalasi Forensik RS Bhayangkara Palembang. "Jenazah korban kebakaran di TKP Jalan Joko, seorang perempuan sudah lansia, Alhamdulilah kita bersama dengan teman-teman pemadam kebakaran dan Polsek IB 1, kita berhasil mengevakuasi korban ke RS Bhayangkara Palembang ini," ujar Yudi S, selaku Kepala Bidang Pelayanan PMI Kota Palembang, saat ditemui di Instalasi Forensik RS Bhayangkara Palembang.

Oleh petugas media, sekitar pukul 11.00 wib dilaksanakan pemeriksaan liar terhadap jenazah korban Juhairiyah (58). Dari pemeriksaan Korean tewas terbakar hampir 90% seluruh tubuh hangus terbakar, korban diduga saat kebakaran posisi tengkurap. "Tadi kita melakukan pemeriksaan korban kebakaran jenis kelaminnya perempuan dan bakarnya hampir 90%," ungkap Kompol dr Mansuri selaku dokter forensik RS Bhayangkara Palembang.

Pihaknya tidak dapat memastikan penyebab kematian korban, mengingat korban tidak menjalani outopsi. "Korban ini tidak melakukan outopsi hanya pemeriksaan luar saja jadi kita hanya mengetahui jika korban ini terbakar Apakah dia itu terisap asap tumbuhan Kita harus melakukan pemeriksaan dalam dulu, korban ini yang tersisa hanya kulit dada saja," terang Kompol dr Mansuri. (Ly)