Lahan Tebu PTPN Cinta Manis Terbakar

Lahan Tebu PTPN Cinta Manis Terbakar
foto:ms/beri Teks photo : Asap hitam pekat yang ditimbulkan dari hasil pembakaran lahan tebu milik PTPN Unit VII Cinta Manis tampak mengudara

INDRALAYA, MS -  Bencana kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunla) tidak hanya melanda kawasan Indralaya Utara dan wilayah dalam Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) saja melainkan, bencana Karhutbunla juga melanda kawasan lahan perkebunan milik pabrik gula PTPN Unit VII Cinta Manis Indralaya Ogan Ilir. Seperti yang terjadi, Senin (9/9) pukul 13.00, api tampak menghanguskan puluhan hektar lahan perkebunan tebu milik PTPN Unit VII Cinta Manis, tepatnya di Distrik kawasan Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat atau berlokasi di Rayon I petak 132. 

Hingga saat ini belum diketahui pasti faktor yang menyebabkan perkebunan tebu milik pabrik gula tersebut terbakar. 

Akibat hembusan angin menyebabkan api begitu cepat merambat dan menjalar dengan leluasa menghanguskan lahan yang ada. Ditambah lagi tidak adanya tim pemadam kebakaran yang memadamkan saat itu sehingga api pun merambat ke area lokasi lahan yang berada di sekitarnya. 

Setelah beberapa saat kemudian barulah tim pemadam kebakaran dari pihak manajemen PTPN 7 Cinta Manis datang dan langsung memadamkan kobaran api tersebut. "Lahan tebu yang siap panen itu pun sudah semakin meluas terbakar, kisarannya lebih kurang mencapai dua hingga tiga hektar lahan yang terbakar," ucap seorang buruh pekerja harian yang kebetulan tengah melintas.

Seperti diketahui, setiap musim kemarau melanda hampir setiap tahun lahan perkebunan pabrik gula berplat merah ini memang kerap terbakar. Bahkan statemen yang dilontarkan oleh pihak manajemen PTPN 7 Cintamanis yang menyatakan jika lahannya tidak akan terbakar lagi hanya isapan jempol. Terbukti dari kembalinya lahan tersebut terbakar yang begitu luas. 

Sementara itu, manajemen PTPN 7 Cintamanis hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. Kepala BPBD OI Jamhuri SSos mengatakan, untuk menanggulangi kebakaran lahan di area lokasi perkebunan PTPN Cinta Manis tentu pihaknya berkoordinasi bersama petugas PBK setempat. "Apabila mereka menginformasikan adanya lahan yang terbakar, pihak BPBD segera meluncur ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman," ucap Jamhuri.(Ber)