Lahan PTPN CM Kembali Terbakar

Lahan PTPN CM Kembali Terbakar
Teks photo : Api tampak menghanguskan lahan tebu milik PTPN Cinta Manis Kabupaten Ogan Ilir (OI).

INDRALAYA, MEDIASRIWIJAYA - Lahan tebu milik perusahaan gula  PTPN VII Cinta Manis di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan kembali terbakar sejak Minggu hingga sore ini, Selasa (8/10).

Lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang terbakar terletak tak jauh dari Perkantoran Terpadu Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Pantauan di lapangan, tampak jelas kobaran api yang begitu besar melahap lahan milik perusahaan tebu yang terbesar di Indonesia itu. Saat kejadian banyak warga yang menyaksikan kobaran api yang melalap lahan kering tersebut usai salat maghrib.

Nur (44), warga Desa Sakatiga Seberang, Kecamatan Inderalaya mengungkapkan, kebakaran lahan milik PT Cinta Manis, sering terjadi dan biasanya pada malam hari. “Pemandangan seperti ini (kebakaran lahan) pada malam hari sudah sering terjadi, terutama usai beduk maghrib,” katanya.

Kepala Desa Sejaro Sakti, Ali Zahir membenarkan ada dugaan pembakaran lahan di kawasan lahan milik PTPN VII Cinta Manis yang sangat dekat dari desa mereka. Zahir mengatakan kebakaran lahan ini sudah biasa terjadi, apalagi saat usai tebang tebu. Saat ini pemerintah dan aparat penegak hukum lagi gencar-gencarnya menindak bagi pelaku yang sengaja membakar lahan. "Rasa tidak masuk akal api bisa hidup sendiri tanpa ada yang membakarnya,” cetusnya kesal.

Sementara itu, Ketua DPRD Ogan Ilir Suharto, SH belum mau berkomentar, karena dirinya baru saja dilantik dan belum tahu pasti kejadian kebakaran lahan tersebut. Asisten SDM umum Cinta Manis Abdul Hamid saat dihubungi via selulernya menepis kalau lahan tersebut sengaja dibakar. “Tentu hal tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab kami sudah memberi arahan agar tidak melakukan pembakaran,” tegasnya.(ber)