KPU Sumsel Minta Support APBD 2019

KPU Sumsel Minta Support APBD 2019
(Foto Ist)

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan meminta support dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Sumsel tahun 2019 mendatang, karena anggaran yang ada sedikit.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Kelly Mariana di Palembang, Senin (12/11) mengatakan, sekarang ada pembahasan anggaran untuk APBD Sumsel tahun 2019, karena itu pihaknya akan meminta dukungan dana APBD.

Ia menuturkan, anggaran untuk pemilu legislatif itu kecil sehingga tidak memenuhi kalau hanya mengandalkan anggaran dari APBN.

Anggaran dari APBN pada tahun 2018 sebesar Rp25 miliar dan sudah terpotong untuk logistiknya saja sekitar Rp7 miliar lebih untuk sampul, kemudian sisanya untuk keperluan rekrutmen seleksi calon KPU kabupaten dan kota di Sumsel.

Selanjutnya untuk belanja pegawai dan bimbingan teknis sehingga kurang anggarannya, karena itu pihaknya meminta dukungan dana dari APBD Sumsel, ujarnya.

Ia menyatakan, untuk bimbingan teknis (bimtek) penyelenggara saja hanya sekali sedangkan itu sangatlah penting. Misalnya untuk kegiatan bimtek-bimtek penghitugan suara itu perlu banyak sampai ke tingkat bawah, karena banyak permasalahan itu dibawah. 

Seperti di tempat pemungutan suara (TPS) misalnya cara pengisian formulir, sementara kita tidak punya dana dari APBN, katanya.

Sehubungan dengan hal itu pula, pihaknya mengusulkan untuk dukungan dana dari APBD Sumsel tersebut sekitar Rp8 miliar lebih. Sementara untuk logistik pemilu legislatif pada tahun 2019 semuanya berasal dari pusat, katanya. (ws)