Kontainer Melintang, Sekda Kota Turun Tangan

Kontainer Melintang, Sekda Kota Turun Tangan
Foto: IST - Sekda Kota Palembang Ratu Dewa berada di lokasi truk kontainer yang terguling di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Senin )19/8) pagi.

PALEMBANG, MS - Tak sampai 15 menit, Sekda Kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi turun tangan mendatangi lokasi truk kontainer yang terbalik dan mengganggu lalulintas di Jalan Demang Lebar Daun, tepatnya di depan RM Pondok Kelapa Demang Lebar Daun Palembang, Senin (19/8).

Berdasarkan informasi di lapangan, truk terguling sekitar pukul 05.40 WIB pagi dan Sekda Kota Palembang sudah berada di lokasi truk sekitar pukul 6.08 WIB. Mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol, Setda Kota Palembang ini, meminta truk kontainer nopol B 9535 RX terguling di depan Restoran Pondok Kelapo Jl Demang Lebar Daun tersebut, untuk segera dievakuasi dan dipindahkan, agar tidak terjadi kemacetan yang cukup lama. "Segera dilakukan evakuasi. Jadi kemacetan tidak terlalu lama," kata Ratu Dewa seraya memperhatikan kondisi truk yang terguling secara langung.

Dewa pun berharap agar pihak-pihak terkait dapat lebih memperhatikan kondisi kendaraan seperti truk kontainer yang mengalami kecelakaan tunggal, yang diduga akibat kerusakan pada mesin dan rem.

"Petugas akan berupaya maksimal mengatasi ini. Masyarakat juga harus lebih berhati-hati. Mudah-mudahan segera dievakuasi," ujar Dewa yang selang beberapa menit bersama beberapa kepala dinas di lingkungan Pemkot Palembang bergegas menuju Halte LRT untuk menaiki LRT ke arah Jembatan Ampera dan melanjutkan dengan shutle bus ke lokasi kantor Walikota Palembang Jalan Merdeka Palembang. 

Truk yang terguling di jalan ini sempat menjadi perhatian warga yang sudah ramai dengan aktivitas berkendaraan di lokasi Jalan Demang Lebar Daun ini.

Berdasarkan keterangan petugas kepolisian di lapangan, kejadian kecelakaan tunggal ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.40 WIB, dimana kecelakaan diakibatkan kerusakan mesin. "Jadi perkiraan kami sementara, ada kerusakan mesin sehingga kendaraan tidak dapat menanjak dan rem blong," terang Briptu Bambang.

Untuk korbannya sendiri, sambungnya ada tiga orang, yakni supir bernama Ahmad Kurniawan bersama anak dan istrinya. Dimana, ketiganya saat ini sudan dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bunda untuk mendapatkan penanganan. "Ada tiga korban, supir bersama anak dan istrinya. Ketiganya mengalami luka dan sesak napas," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan, Pengendalian dan Operasional di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Martha Edison mengatakan saat ini sedang dilakukan tahap evakuasi oleh pihak kepolisian dengan menggunakan alat Laser Scanner 3D, untuk mengetahui secara pasti kejadian. "Sekarang lagi dilakukan pengecekan dan kita masih menunggu pihak Pelindo sebagai penanggung jawab. Agar kendaraan dapat diangkat dengan menggunakan crain, agar lalu lintas dapat kembali lancar," jelasnya.

Selang beberapa jam, truk sudah berhasil dievakuasi dan kondisi lalulintas di kawasan ini sudah berjalan normal kembali. (saf)