Komitmen Kuat Kapolda Sumsel Bangun Masjid dalam Rangka Membangun Jiwa SDM dan Masyarakat 

Komitmen Kuat Kapolda Sumsel Bangun Masjid dalam Rangka Membangun Jiwa SDM dan Masyarakat 
Foto: ms/lily - Kapolda Sumsel dengan mengenakan topi kerja, tampak memperhatikan pemasangan batu pada peletakan batu pertama pembangunan Masjid Assa'adah Kapolda Sumsel

PALEMBANG, MS - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Drs Firli, pimpin peletakan batu pertama pembangunan Masjid As - Sa'adah Mapolda Sumsel, Kamis (15/8) pukul 10.00 wib.

Rencana pembangunan Masjid As - Sa'adah Mapolda Sumsel ini yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Km 3 Palembang ini, rencananya akan di bangun 2 lantai dengan total luas tanah 2.300 m².

Foto bersama usai peletakan batu pertama pembangunan masjid di lingkungan Mapolda Sumsel ini.

Dengan spesifikasi umum bangunan luas bangunan utama 640 M² terdiri dari dua lantai yaitu Lantai 1 seluas 400 M² atau 20 x 20 M. Untuk Lantai 2 seluas 240 M² atau 12 x 20 M² dengan 2 Kamar Mandi dan tempat dudu seluas 96 M², dengan harapan pembangunan Masjid As - Sa'adah mampu menampung jemaah sebanyak 1.382 orang jemaah.

Pembangunan Masjid As - Sa'adah Mapolda Sumsel ini, berawal niat Kapolda Sumsel sebelumnya Irjen Pol Zulkarnain yang ingin membantu sebuah masjid. Di tambah lagi adanya dana renovasi masjid, menjadi kekuatan bagi Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli untuk mewujudkan pembangunan Masjid As - Sa'adah Kapolda Sumsel."Saya juga mendengar cerita Pak Zulkarnain Kapolda (sebelumnya) bahwa beliau ada niat untuk membangun masjid, kekuatan itulah yang saya pakai untuk menyatukan niat kita hari ini membangun masjid As-sa'adah," ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli.

Di mana untuk pembangunan Masjid As - Sa'adah Kapolda Sumsel diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 5.870.000.000. Sementara anggaran yang ada di antaranya berasal dari Hibah Pemprov Sumsel Tahun Angaran 2019 sebesar Rp  2.350.000.000 (pembangunan lapangan tenis) dan dana renovasi masjid sebesar Rp 1.000.000.000, belum lagi hibah yang lain.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Firli selaku pelindung pada kepanitiaan pembangunan Masjid As - Sa'adah Polda Sumsel berinisiatif dana hibah untuk pembangunan lapangan tenis, dengan memohon petunjuk Allah Swt. Dan jatuh pada pilihan pembangunan masjid.

"Malam saya berdoa, minta kira- kira cocoknya apa? Setelah pagi subuh saya telepon Pak Lamazi, bahwa uang Rp 2,3 miliar kita wujudkan niat kita membangun masjid, apalagi ada uang Rp 1 miliar sudah disiapkan untuk renovasi masjid. Artinya modal utama kita sudah punya Rp 3.3 miliar. Akhirnya digambarlah oleh Pak Lamazi gambar masjid ini, saat ini sudah terkumpul dana Rp 4,9 miliar jadi kekurangannya hanya sekitar Rp 950 juta, saya yakin tembus," ujarnya.

Masih dikatakan beliau. kekuatan datang dari Lagu Indonesia Raya yang mana dalam salah satu liriknya '...bangunlah jiwanya bangunlah badannya....'  dengan peletakan batu pertama ini diharapkan mampu mempersiapkan SDM khususnya Polda Sumsel dan masyarakat sekitar.

Peletakan batu pertama di Masjid As- As'adah Polda Sumsel, dimana jemaahnya semakin banyak, sementara kapasitas masjid yang sekarang tidak memadai lagi di samping itu hal yang utama adalah membangun suatu bangsa itu tidak cukup hanya membangun fisik saja."untuk membangun badan kita sudah punya lapangan tenis lapangan bola tempat olahraga semuanya ada, ini kita bangun dalam rangka jiwanya kita bangun Masjid As - As'adah, Insya Allah Desember bisa selesai" harapnya.

Dijelaskan, awalnya hibah untuk pembangunan lapangan tenis, saya kira kalau membangun lapangan tenis yang main hanya 11 atau 12 orang, sementara pemakaian lapangan tenis tidak setiap hari tetapi seminggu sekali. Alangkah baiknya kalau kita bangunkan masjid agar seluruh masyarakat di sekitar Polda dan anggota personil Polda dapat melaksanakan ibadah dan itu dilakukan 5 kali dalam sehari. "Tentu ini dalam rangka membangun dan menyiapkan jiwa kita supaya kita menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa yang terakhir masuk surga," ujarnya.

Tampak hadir  Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Deni Gabril, Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Dodi Marsidy, Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah, bersama pejabat utama Polda Sumsel, melakukan foto bersama. (Ly)