Kisah Inspiratif Mitra Driver Gojek Penjaga Amanah; Lindungi Pesanan GoFood dari Semprotan Disinfektan

Kisah Inspiratif Mitra Driver Gojek Penjaga Amanah; Lindungi Pesanan GoFood dari Semprotan Disinfektan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.com -- Salah seorang mitra driver Gojek sepanjang Kamis, 2 April 2020, ramai diperbincangkan netizen karena aksinya melindungi pesanan GoFood pelanggan. Dari video yang viral, mitra driver tersebut terlihat merelakan tubuhnya tersiram cairan disinfektan demi melindungi dan membuat pesanan GoFood pelanggan tetap aman.

Melihat kegigihan itu Gojek kemudian menelusuri identitas mitra yang bersangkutan yang kemudian diketahui bernama Akhirul Sofyan dan tinggal di Batam. Ketika ditemui oleh Gojek, Akhirul Sofyan mengatakan dia sama sekali tidak tahu bahwa aksinya terekam dan viral di internet. “Saya benar-benar refleks melakukan itu, soalnya saya tidak ingin pelanggan kecewa kalau pesanannya rusak,” ujarnya.

Atas sikap terpuji yang ditunjukkannya, Kevin Aluwi selaku co-CEO Gojek mengungkapkan, “Kita sangat terharu, bangga sekaligus berterima kasih atas jiwa kepahlawanan yang ditunjukkan oleh aksi Pak Sofyan. Beliau contoh sempurna sosok seorang #PenjagaAmanah, tidak hanya bagi seluruh mitra driver tapi juga kepada kita semua sebagai individu. Buat saya, aksi yang dilakukan Pak Sofyan menunjukkan dua hal yang patut kita contoh dan renungi: pertama, semangat menjaga amanah. Beliau melindungi makanan customer karena makanan tersebut merupakan amanah yang beliau bawa. Kedua, sikap yang lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri. Beliau mementingkan pelanggannya dibandingkan dirinya Gojek pun memberikan apresiasi kepada Akhirul Sofyan sebagai Driver Jempolan berupa saldo GoPay, bantuan sembako, atribut baru, healthy kit, dan tas khusus untuk pengantaran GoFood.

Saat ditanya apa yang akan dilakukannya dengan hadiah dari Gojek, Sofyan menuturkan apresiasi tersebut di antaranya digunakan untuk memperbaiki motor sebagai modal kerjanya. Baginya, penting untuk memastikan bahwa penumpang merasa aman dengan kondisi kendaraan yang baik. Kebiasaan untuk melindungi pesanan konsumen secara optimal ternyata sudah menjadi kebiasaan pria yang bergabung menjadi mitra Gojek sejak 2018 silam ini. “Saya selalu ekstra hati-hati dalam beroperasi. Apalagi kalau sedang membawa minuman. Saya berupaya maksimal supaya tidak tumpah, soalnya kasihan nanti pelanggannya kalau pesanannya berkurang.” Mendengar jawaban tersebut, Kevin menambahkan, “Saya melihat ini adalah keteladanan yang kita butuhkan, khususnya di masa sulit ini. Gojek dan mitra drivernya mengalami dampak yang cukup besar, namun Pak Sofyan masih tetap mengutamakan pelanggannya dibanding diri sendiri.”

Bergandengan Tangan Berjuang Menghadapi Masa Sulit
Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek sebagai super app on-demand terdepan terus memperkuat upaya-upaya bantuan bagi para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas. Gojek telah mengumpulkan Dana Bantuan Mitra senilai Rp100 miliar yang diantaranya berasal dari donasi 25% gaji tahunan jajaran manajemen senior dan anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawannya. Dana ini akan disalurkan untuk jutaan mitra driver pengguna platform Gojek melalui tiga area utama: penyediaan layanan kesehatan, keringanan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan. 

Beberapa program telah berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh para mitra driver, dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap finalisasi perancangan guna memastikan dampak yang terukur dan tepat guna. “Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para mitra driver kami yang saat ini menjadi "Pahlawan" di garda terdepan yang membantu kita untuk bisa tetap sehat dan bekerja #dirumahaja.

Gojek akan terus berupaya memberikan dukungan kepada mitra, untuk kita bersama-sama bisa melalui masa sulit ini,” tutup Kevin. (rel)