Kejari Serahkan 27 Mobil Dinas Sitaan dari Pensiunan Pejabat

Kejari Serahkan 27 Mobil Dinas Sitaan dari Pensiunan Pejabat

LAHAT, MEDIASRIWJAYA  - Sebanyak  27 unit kendaraan dinas telah disita Kejaksaan Negeri Lahat. Sebelumnya 24 kendaraan disita, Selasa (10/3), tiga kendaraan lagi disita dari pensiuanan PNS Pemkab Lahat yang tidak lagi menjabat

"Kita membantu Pemkab Lahat, untuk mengamankan aset yang masih dikuasai oleh orang yang tidak lagi menjabat. Pengamanan aset ini memamg sesuai perintah undang- undang, karena itu kami  bersinergi dengan Pemkab Lahat," kata Kajari Lahat Jaka Suparna SH didampingi Kasi Datun Ridho Darmha Hernando SH, saat penyerahan kendaraan dinas hasil sitaan kejaksaan negeri Lahat, ke Pemkab Lahat yang diterima langsung oleh Sekda Lahat H Januarsyah Hambali.

Sejumlah kendaraan yang disita tersebut yakni mobil Mitsubishi L200, Suzuki APV, dan Daihatsu Terios.

Ridho menambahkan,  bahwa pihaknya siap kembali mengamankan aset Pemkab Lahat sesuai Surat Kuasa Khusus (SKK). Termasuk aset lainnya seperti lahan maupun bangunan yang masih dikuasai secara pribadi. "Sejauh ini pihak yang menguasai aset kooperatif dan menyerahkan sendiri kendaraan dinas tersebut. Namun kita berharap, aset- aset tersebut dikembalikan bila tidak lagi menjabat, agar bisa memberikan tauladan bagi ASN lainnya," tegas Jaka.

Sementara Sekda Lahat H Januarsyah Hambali mengapresiasi pihak Kejari Lahat lantaran dengan beragam triknya membantu Pemkab Lahat mengamankan aset dinas. 

Lanjut Sekda bahwa sesuai araha Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Kuangan (BPK) bahwa aset negara harus ditertibkan.

"Kami juga berharap kerja sama dengan pihak Kejaksaan terkait pengawasan dan pembinaan untuk tugas PNS Pemkab Lahat agar tidak menyalahi aturan," ungkap Sekda. (Pr4)