Kebakaran di Sematang Borang

Kebakaran di Sematang Borang
Foto: ms/lily - Asap masih mengepul di lokasi kebakaran

PALEMBANG, MS - Hanya hitungan menit. Dua rumah yang terbuat semi permanen di kawasan padat penduduk di Jalab Betawi Raya Rt 58 Rw 14 Kelurahan Lebung Gajah Kecamatan Sematang Borang, Rabu (11/9) sekitar pukul 12.30 wib, hangus terbakar.

Kebarkaran yang menimpa rumah korban Tobing, dalam kondisi kosong ditinggal pergi pemilik rumah. 

Kobaran api pertama kali di ketahui oleh saksi Saropi (40). Yang langsung keluar dan berteriak kebakaran. "Aku lihat ada asap hitam dari rumah Tobing, langsung keluar teriak pangil warga," kata Saropi.

Warga yang berhamburan keluar, langsung bahu membahu berusaha memadamkan api, dengan menggunakan alat seadanya, sambil menunggu petugas pemadam kebakaran.

Kanit Reskrim Polsek Sako Palembang, Iptu Firman, mengatakan jika api dengan cepat menjalar karena kondisi angin kencang dan bangunan yang semi permanen, membuat api semakin membesar dan menyambar rumah yang ada di sebelahnya."Bangunan milik Pak Tobing, dalam keadaan kosong. karena kondisi saat itu angin bertiup kencang sehingga api cepat membesar dan api membakar bagunan semi permanen dan menyambar salah satu rumah warga tepat di samping bangunan yang terbakar," jelas Iptu Firman.

Masih dikatakan Kanit Reskrim Polsek Sako Palembang, api dapat dipadamkan setelah 3 unit mobil kebakaran diturunkan. "Sekitar pukul 13.40 WIB 3 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kebakaran, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.00 wib," jelasnya.

Untuk asal api dan kerugian, Iptu Firman asal api diperkirakan dari korsleting arus listrik dari rumah milik Tobing. Untuk kerugian selain rumah yang terbakar terdapat dua unit mobil 2 unit sepeda motor satu set alat musik orgen ikut terbakar," ujarnya. (Ly)